Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini merespons bantuan untuk bocah pengidap tuberkulosis (TBC) tulang belakang dan paru di Bogor, Jawa Barat bernama M. Agil Agisna (8) dengan memproses migrasi pengalihan BPJS mandiri ke PBI-JKN.

Keadaan yatim piatu Agil membuat perawatan kesehatannya sempat tersendat, sehingga layanan kesehatan melalui BPJS mandiri tidak bisa berlanjut karena menunggak pembayaran.

"Agil cepat sembuh ya. Terus bersemangat agar jadi jenderal. Katanya mau jadi jenderal. Ya?" kata Risma dalam keterangan tertulisnya saat menemui Agil di RSUD Ciawi Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Risma mendoakan Agil agar cepat mendapat kesembuhan, sembari menyemangati bocah tersebut untuk selalu minum obat agar cepat sehat.

Dia membawa oleh-oleh dalam tujuh tas berisi makanan dan masker.

Baca juga: Mensos instruksikan pengiriman bantuan korban gempa Larantuka

Selain itu, Risma memberikan bantuan berupa ponsel untuk Agil dapat bersekolah kembali secara daring.

Kondisi Agil mendapat perhatian luas hingga platform penggalang dana dan berdonasi secara daring kitabisa.com membuka donasi masyarakat untuk membantu Agil.

Berdasarkan hasil asesmen, tim respons kasus Balai Galih Pakuan Bogor melakukaan tindakan dan memberikan bantuan kebutuhan dasar berupa paket nutrisi yang berisi sabun cair, minyak telon, minyak kayu putih, tisu basah dan kering, serta roti.

Selain itu, berkoordinasi dengan Pendamping Rehabilitasi Sosial Kecamatan Sukajaya dan Dinas Sosial Kabupaten Bogor untuk keperluan migrasi pengalihan dari BPJS mandiri menjadi Penerima Bantuan Iuran PBI-JKN dan membantu menyelesaikan tunggakan iuran BPJS sebesar Rp2 juta.

Kasus Agil menunjukkan masih kuatnya semangat kesetiakawanan sosial di tengah-tengah masyarakat. Masyarakat tanpa memandang status sosial bahu-membahu meringankan beban Agil baik dari sekitar tempat tinggal maupun dari lingkungan lebih luas melalui platform kitabisa.com.

Baca juga: Mensos Risma hibur anak-anak pengungsi bencana Gunung Semeru
Baca juga: Mensos kunjungi korban banjir dan serahkan bantuan di Lombok

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021