Makassar (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menginstruksikan BPBD Sulsel segera membawa bantuan untuk korban banjir bandang di Kabupaten Soppeng.

"Saat ini menyiapkan bantuan logistik pangan dan perlengkapan keluarga (family kit) oleh Tim BPBD Provinsi untuk segera menuju lokasi banjir di Kabupaten Soppeng," kata Andi Sudirman di Makassar, Senin.

Berdasarkan data dari BPBD Soppeng, hujan yang terus menerus sejak 5 Desember 2021, pukul 18.30 sampai hari ini mengakibatkan sungai Paddangeng, Sungai Lawo, dan Sungai Belo meluap ke pemukiman warga.

Akibatnya empat desa/kelurahan di tiga kecamatan banjir, yakni di Kelurahan Ompo dan Desa Maccile di Kecamatan Lalabata; Desa Belo di Kecamatan Ganra; Desa Paddangeng di Kecamatan Donri-Donri.

Baca juga: BMKG ingatkan potensi rob pesisir Sulsel pada 5-7 Desember 2021

Baca juga: Walhi Sulsel: Kerusakan ekologi di Walmas cukup parah


Banjir ini pun mengakibatkan dua unit rumah beserta sejumlah barang dalam rumah itu terbawa arus banjir dan satu unit rumah bergeser.

Adapun jumlah rumah yang terendam banjir masih dalam tahap asesmen oleh tim BPBD Kabupaten Soppeng.

Andi Sudirman menghimbau masyarakat tetap waspada dan mengantisipasi dampak curah hujan yang tinggi.

Apalagi BMKG Wilayah IV memprediksi cuaca tiga hari ke depan hingga tanggal 7 Desember 2021 berpotensi hujan dengan intensitas tinggi di beberapa daerah di Sulsel.

Ia pun meminta BPBD provinsi dan kabupaten/kota untuk mengambil langkah siap siaga menghadapi kondisi cuaca saat ini.

"Kita harap bantuan ini dapat meringankan korban banjir. Serta untuk BPBD terus siaga untuk memastikan pemenuhan bantuan bagi korban," ucapnya.*

Baca juga: Mensos instruksikan penyiapan stok sembako bagi penyintas bencana Luwu

Baca juga: Mensos koordinasi Kementerian PUPR perbaiki alur sungai Luwu

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021