PMI Banjarnegara salurkan bantuan untuk warga terdampak letusan semeru

PMI Banjarnegara salurkan bantuan untuk warga terdampak letusan semeru

PMI Banjarnegara salurkan bantuan untuk warga terdampak letusan semeru. ANTARA/HO-PMI Banjarnegara.

Purwokerto (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan berupa sayur mayur segar untuk meringankan beban warga yang terdampak letusan Gunung Semeru.

"PMI Banjarnegara menyalurkan bantuan sebanyak satu truk sayur mayur segar untuk didistribusikan ke dapur umum tanggap darurat letusan Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur," kata Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara dr. Amalia Desiana melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Senin.

Dia mengatakan bantuan tersebut merupakan donasi yang dikumpulkan oleh para relawan dan petani yang ada di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

"Bantuan ini murni hasil pengumpulan dari petani di beberapa wilayah melalui relawan yang bergerak cepat. Ini merupakan bentuk sinergi dan kepedulian kami bersama kepada masyarakat yang sedang tertimpa musibah bencana gunung meletus," katanya.

Dia menambahkan, PMI Banjarnegara juga bekerja sama dengan BPBD Banjarnegara dalam penyaluran bantuan tersebut.

"Kami berharap bantuan ini akan dapat bermanfaat sesuai dengan tujuan kami, yakni meringankan beban masyarakat terdampak. Dalam pengiriman bantuan ini kami bergerak bersama masyarakat karena kami sadar semua tidak dapat dilakukan sendiri," katanya.

Sementara itu, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Alam PMI Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo menyampaikan apresiasi kepada para relawan dan masyarakat, khususnya seluruh petani, yang telah berkontribusi dan bersinergi memberikan bantuan.

"Pada saat ini telah terkumpul sebanyak empat ton lebih sayur mayur, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak bencana," katanya.

Dia menyebutkan bahwa beberapa jenis sayur mayur yang didistribusikan, antara lain kentang, kol, wortel, tomat, buncis, cabai, daun bawang, seledri serta buah salak.

"Selain itu kami juga menyalurkan bantuan berupa beras, bahan makanan seperti ini tentu sangat dibutuhkan oleh warga yang saat ini terdampak bencana," katanya.

Gunung Semeru, yang tingginya mencapai 3.676 meter dari atas permukaan laut meletus disertai awan panas dan hujan abu vulkanik, Sabtu (4/12).
Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021