Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas Nemangkawi TNI/Polri melumpuhkan satu orang anggota kelompok kriminal bersenjata Intan Jaya usai baku-tembak pada Senin pukul 14.15 WIT.

"Pascakontak tembak situasi di Kabupaten Intan Jaya aman dan kondusif," kata Kepala Satgas Humas Nemangkawi, Komisaris Besar Polisi Ahmad Musthofa Kamal, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Baca juga: Personel TNI kembali diturunkan perkuat Koramil Suru-suru

Lebih detail, kata dia, kontak tembak antara personel Satgas Nemangkawi dengan kelompok bersenjata itu terjadi di Kampung Pisiga Kabupaten Intan Jaya.

Diketahui, kronologi kejadian berawal saat personel Satgas Nemangkawi menyelidiki keberadaan kelompok bersenjata. Pada saat bersamaan terjadi kontak tembak kedua belah pihak.

Baca juga: Satu prajurit gugur tertembak kelompok bersenjata di Suru-suru

Dalam kontak tembak itu Satgas Nemangkawi melumpuhkan satu orang anggota kelompok bersenjata itu, yang diketahui bernama Marten Belau. Selepas kontak tembak para personel kembali ke posko.

Setelah kejadian itu, aparat keamanan terus berpatroli dan meningkatkan penjagaan di tempat-tempat rawan.

Baca juga: Temianus Magayang bawa senjata api rakitan dan amunisi

Peningkatan pengamanan oleh personel gabungan TNI dan Polri untuk mempersempit ruang gerak para pelaku beraksi. "Kami mengimbau seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas di Kabupaten Intan Jaya agar tetap aman dan kondusif," ujar dia.

Ia juga mengingatkan kelompok-kelompok yang belum sepaham agar segera menyerahkan diri. Sebab jika tidak maka aparat keamanan akan terus menindak tegas dan terukur para pelaku.

Baca juga: Upaya TNI dalam merangkul kelompok bersenjata di Papua

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021