perlu dukungan bersama agar Geopark Merangin masuk dalam warisan dunia yang terdaftar dan terakreditasi di UNESCO
Jambi (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata Geopark Merangin, Jambi sebagai dorongan menuju UNESCO Global Geopark (UGG).

"Untuk percepatan pengembangan Geopark Merangin salah satunya meningkatkan kapasitas SDM terhadap pengelola dan masyarakat di kawasan wisata," kata Direktur Penyelenggara Event Daerah Kemenparekraf RI, Joko Suharbowo di Jambi, Senin.

Menurut dia jika SDM di kawasan Geopark Merangin sudah memahami arti penting pariwisata maka peningkatan dan percepatan pembangunan Geopark Merangin akan lebih mudah dilaksanakan. Karena SDM yang lebih mumpuni akan lebih cakap dalam meningkatkan dan mengelola wisata.

Peningkatan SDM pariwisata Geopark Merangin tersebut sejalan dengan usulan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi. Dengan peningkatan SDM pariwisata dukungan masyarakat terhadap pengembangan Geopark akan lebih besar.

"Kita mendapat informasi bahwa dokumen lengkap kawasan Geopark Merangin sudah di terima oleh UNESCO, untuk itu perlu dukungan bersama agar Geopark Merangin masuk dalam warisan dunia yang terdaftar dan terakreditasi di UNESCO," katanya.

Selain itu Joko  berharap agar dilaksanakan kegiatan-kegiatan berskala nasional di kawasan Geopark Merangin, seperti kejuaraan nasional arung jeram, festival tradisi dan gelar budaya. Sehingga akan meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Geopark Merangin, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Arif Budiman mengatakan peningkatan SDM pariwisata tersebut akan menjadikan masyarakat di daerah itu masyarakat sadar wisata. Dengan demikian dukungan terhadap percepatan pengembangan kawasan Geopark Merangin lebih mudah dilaksanakan.

"Jika pola fikir masyarakatnya sudah merupakan pola pikir wisata, maka pembangunan kawasan Geopark Merangin akan lebih cepat dan tentunya hal tersebut juga akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di daerah itu," katanya.


Baca juga: "Geo Fun Rafting" Merangin melintasi fosil flora berumur ratusan tahun

Baca juga: BI Jambi bantu fasilitas wisata Geopark Merangin

Baca juga: IPDN teliti Geopark Nasional Merangin

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021