Kami berencana mengundang perwakilan suporter dari beberapa klub untuk masuk ke stadion, tetapi dibatasi
Jakarta (ANTARA) - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) membahas kemungkinan untuk melakukan uji coba pertandingan dengan penonton dengan jumlah terbatas pada babak delapan besar Liga 2 mulai 15 Desember nanti.

Usai melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Jakarta, Senin, Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan mengatakan bahwa uji coba penonton rencananya bakal diterapkan di Stadion Pakansari, Bogor dan Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

“Tapi ini baru perencanaan, tidak dijual kepada umum. Kami berencana mengundang perwakilan suporter dari beberapa klub untuk masuk ke stadion, tetapi dibatasi,” kata Iriawan dalam jumpa pers yang diikuti secara virtual di Jakarta.

Baca juga: Pemerintah pertimbangkan Liga 2 dihadiri penonton dengan syarat vaksin

“Menurut aturan maksimal penonton 5.000 orang dari kapasitas stadion, tetapi nanti tahap awal tidak sebanyak itu. Kami akan melihat dulu bagaimana penerapannya dengan penonton di stadion di situasi pandemi ini,” lanjut dia.

Iriawan menegaskan bahwa pertemuan dengan Menpora kali ini baru sebatas diskusi karena PSSI dan PT LIB masih berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak Kepolisian RI, Satgas COVID-19, dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB Hadian Lukita menambahkan bahwa uji coba penonton ini diterapkan di Liga 2 sehubungan dengan pertandingan babak delapan besar yang rencananya akan digelar di sejumlah wilayah Jakarta. Dengan demikian, penerapannya bisa mudah dipantau secara langsung oleh perwakilan dari unsur pemerintah maupun Satgas COVID-19.

“Uji coba pertama ini akan menjadi tolok ukur ke depannya serta menetapkan SOP. Kondisi pandemi COVID-19 tetap menjadi pertimbangan utama,” ucap Hadian.

“Jika sukses, kami akan melanjutkan (uji coba penonton) dalam seri keempat dan kelima Liga 1 2021/2022 di Bali,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: LIB: persiapan uji coba penonton di stadion terkendala sistem aplikasi
Baca juga: LIB: uji coba penonton di stadion Liga 1 perlu izin Polri
Baca juga: LIB berencana uji coba kehadiran penonton Liga 1 di Stadion Manahan


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021