Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Timur mengamankan  lima anak di bawah umur yang hendak mengikuti Reuni 212.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, kelima anak tersebut berusia sekitar 14 hingga 15 tahun. Mereka diamankan ketika menumpang truk menuju lokasi Reuni 212.

"Saat ini di Polsek Cakung diamankan untuk dimintai keterangan sekaligus dilakukan pembinaan, diberi pengertian karena memang anak-anak tidak diperbolehkan melakukan kegiatan yang sifatnya merujuk aksi di Patung Kuda," kata Erwin Kurniawan di Jakarta, Kamis.

Erwin menambahkan, ketika dilakukan pemeriksaan terhadap kelima anak tersebut diketahui bahwa mereka mendapatkan ajakan mengikuti Reuni 212 melalui pesan di grup WhatsApp (WA).

"Dari grup WA yang kita cek dari telepon mereka ikut satu grup. Dari situ ajakan itu yang memotivasi mereka berangkat menuju Patung Kuda," ujar Erwin.

Baca juga: Aparat keamanan bubarkan massa Reuni 212 di Jalan Wahid Hasyim Jakpus
Baca juga: Polrestro Jaktim lakukan penyekatan massa Reuni 212 di Pasar Rebo

Erwin mengatakan, saat diperiksa tidak ditemukan adanya senjata tajam atau atribut tertentu pada kelima anak tersebut.

"Mereka sudah mengetahui bahwa menggunakan atribut pasti akan mudah diidentifikasi petugas sehingga mereka menggunakan pakaian biasa tapi karena polisi dibantu TNI, Satpol PP Jakarta Timur kemudian menghentikan kendaraan yang ditumpangi, yaitu truk," tutur Erwin.

Erwin mengatakan, pihaknya akan memanggil orang tua dari kelima anak tersebut untuk dilakukan pembinaan sebelum akhirnya dipulangkan.

"Kita akan memanggil orang tua mereka untuk dikembalikan sekaligus dari unsur Binmas melakukan pembinaan agar tidak ikut melakukan kegiatan ini karena memang kegiatan ini dilarang Polda Metro Jaya," ujar Erwin.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021