semua tamu undangan itu nanti dari Pemprov DKI
Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah Provinsi DKI Jakarta PT Jakarta Propertindo (Perseroda) selaku pengelola Jakarta International Stadium (JIS) mematangkan persiapan untuk partai final turnamen International Youth Championship (IYC) 2021 di Jakarta.

Manajer Proyek JIS Arry Wibowo mengatakan jumlah penonton laga sepakbola yang akan mempertemukan tiga tim elit Spanyol Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid dengan Indonesia All-Stars tersebut akan menyesuaikan dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Ibu Kota.

"Yang jelas, semua tamu undangan itu nanti dari Pemprov DKI. Jadi, memang ini belum terbuka untuk masyarakat umum untuk menyaksikan partai puncak International Youth Championship," ujar Arry saat ditemui di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa.

Pembangunan JIS saat ini sudah memasuki pekan ke-117 pada 3 November ini, dengan progres akumulasi pembangunan proyek Jakarta International Stadium sudah mencapai 86,40 persen.

"Alhamdulillah, sampai minggu ini kami masih terus berprogres dan deviasinya masih positif, +2,07 dari jadwal," kata Arry.

Baca juga: Jumlah penonton turnamen IYC 2021 di JIS dibatasi

Saat ini masih ada beberapa pekerjaan yang masih berjalan pengerjaannya secara paralel, di antaranya dari luar terlihat berjalan penyelesaian instalasi fasad, yang hampir rampung.

Kemudian struktur atap sudah terpasang semua, namun tersisa pengerjaan bagian penutupnya yang berlapis baja (metal sheet), termasuk penyelesaian area lanskap dan juga jalan masuk stadionnya.

Kemudian jika dilihat bagian dalam, sudah dilakukan penyelesaian instalasi precast tribun dan juga pemasangan kursi tribun reguler serta ruang-ruang prioritas untuk orang penting (VIP) dan orang sangat penting (VVIP) yang nanti akan dipakai untuk perhelatan peluncuran awal JIS pada 11 Desember 2021.

"Untuk pengawasan kami lakukan setiap hari (daily monitoring). Artinya kan memang prioritas kami per hari ini sampai dengan nanti saat peluncuran awal terus kami monitor secara kuantitasnya. Jadi, misalnya pekerjaan fasad, totalnya berapa, kurangnya berapa, itu kami evaluasi setiap hari, pemasangan kursi demikian juga, termasuk 'finishing' untuk area interiornya," ujar Arry.

Partai puncak IYC 2021 pada 11 Desember nanti sekaligus menjadi momen peluncuran awal (soft launching) lapangan utama JIS dalam menggelar pertandingan berskala internasional.

Baca juga: Tiga klub sepak bola asal Spanyol jajal JIS

Namun, jumlah penonton yang hadir akan mengikuti kebijakan PPKM di Ibu Kota, sesuai dengan anjuran pemerintah pusat.

Karena itu, undangan disiapkan secara terbatas oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kalau dari sisi kapasitas, dari kami menyiapkan sekitar 20.000 tempat duduk. Cuma tidak mungkin 'full' juga ya? Kami akan mengikuti kebijakan PPKM yang nanti ditetapkan oleh pemerintah pada saat tanggal tersebut atau menjelang tanggal tersebut," ujar Arry

"Untuk 'soft launching' nanti memang belum terbuka untuk umum. Artinya acara ini dari Pemprov DKI, kami hanya menyiapkan arenanya," tambahnya.

Harapannya nanti saat peluncuran awal JIS, proyeksi pembangunannya bisa tercapai sekitar 90 persen.

Baca juga: 500 kursi berdesain tunggal sudah terpasang di tribun penonton JIS

Setelah itu, beberapa item pekerjaan akan terus dilanjutkan, dengan harapan proyeksi pembangunan kawasan JIS bisa mencapai 100 persen pada Maret 2022.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021