Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai upaya mitigasi penyebaran COVID-19 varian baru, yaitu Omicron harus dilakukan secara tepat, cermat, efektif, dan konsisten oleh para pemangku kepentingan.

"Bila varian baru dikhawatirkan lebih berbahaya daripada varian COVID-19 lainnya, upaya mitigasi untuk mencegah masuknya varian Omicron harus dilakukan dengan tepat dan cermat," kata Lestari Moerdijat berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Kemudian, lanjut ia, pemerintah juga harus konsisten merealisasikan kebijakan pembatasan penerbangan dan pergerakan orang dari sejumlah negara yang diduga menjadi pusat penyebaran varian Omicron.

Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat, mengatakan upaya mitigasi tersebut semakin diharapkan dapat dilakukan secara cermat dan efektif karena pekan-pekan mendatang adalah masa liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Masa liburan tersebut, ujar dia, berpotensi meningkatkan pergerakan orang, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Strategi pencegahan lewat mitigasi yang tepat dan efektif sangat diharapkan mengingat potensi penyebaran COVID-19 varian Omicron diperkirakan lebih berbahaya daripada varian Delta,” tegas Lestari Moerdijat.

Di samping itu, Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem ini juga berharap masyarakat dapat menyikapi dengan bijaksana kebijakan pemerintah terkait penerapan PPKM level 3 di Indonesia selama liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Rerie menilai keseriusan pemerintah yang diikuti dengan partisipasi masyarakat dalam mencegah masuknya varian Omicron ke Tanah Air adalah suatu keharusan agar tidak terjadi ledakan kasus positif COVID-19 seperti di Juli 2021.

Di sisi lain, ujar Rerie, kondisi yang relatif terkendali saat ini sepatutnya tidak dijadikan sebagai alasan bagi bangsa Indonesia untuk lengah dalam melakukan langkah pencegahan secara konsisten. Kewaspadaan yang tinggi, tambahnya, harus selalu diterapkan dalam setiap kebijakan pengendalian penyebaran virus COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: Presiden: Antisipasi varian baru Omicron harus sedini mungkin

Baca juga: Wakil Ketua DPD: Batalkan Reuni 2021 guna mewaspadai varian Omicron

Baca juga: Sri Mulyani waspadai varian Omicron terhadap pemulihan RI



#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021