gelar yang diberikan kepada pimpin yang setia dalam keadaan apapun kepada bangsa dan negara
Batam (ANTARA) - Lembaga Adat Melayu memberikan gelar Datuk Setia Amanah kepada Wali Kota Batam Muhammad Rudi untuk yang kedua kali, karena dinilai telah menjalankan amanat sebagai kepala daerah dengan baik.

Ketua LAM Batam Nyat Kadir mengatakan Datuk Setia Amanah merupakan gelar yang diberikan kepada pimpin yang setia dalam keadaan apapun kepada bangsa dan negara, serta mendedikasikan hidupnya untuk rakyat, juga bangsa dan negara.

"Datuk Setia Amanah merupakan gelar kehormatan sekaligus amanah yang besar untuk menjalankan sebaik-baiknya selama menjabat Wali Kota Batam, sesuai dengan visi dan misi dalam mewujudkan Batam yang bandar madani modern dan sejahtera," kata Nyat Kadir di Batam, Minggu.

Penabalan gelar Datuk Setia Amanah kepada Muhammad Rudi berdasarkan musyawarah LAM Batam.

Muhammad Rudi menyampaikan, Datuk Setia Amanah merupakan amanat yang besar.

Ia menyatakan bersyukur dapat menjalankan tugas dengan baik pada periode pertama gelar itu diberikan, sejak lima tahun lalu.

Sebagai pemimpin, ia menyatakan berjanji untuk berusaha sekuat tenaga memberikan yang terbaik untuk kota kepulauan itu.

"Mudah-mudahan saya dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk masyarakat Batam dan Kepri," kata pria yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam.

Ia menyampaikan, pada periode kedua memimpin Batam, terdapat banyak program yang yang harus diselesaikan, di antaranya pembangunan infrastruktur, seperti jalan, pengembangan Pelabuhan Batuampar hingga Bandara Internasional Hang Nadim.

"Sesuai permintaan Presiden, saya diminta untuk menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Batuampar. Karena itu saya butuh dukungan seuruh tokoh dan elemen masyarakat Batam," kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak masyarakat menjalankan protokol kesehatan, meski saat ini jumlah kasus terus menurun.

"Jangan sampai terjadi gelombang ke tiga, karena itu mari jalankan terus protokol kesehatan," kata dia mengingatkan.
Baca juga: Presiden Jokowi terima gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara
Baca juga: Batam berharap jadi tuan rumah rangkaian KTT G20
Baca juga: Pemkot Batam ajak warga budayakan makan olahan laut

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021