GM Susanto akan ikuti "try out" SEA Games di Barcelona

GM Susanto akan ikuti

Grand Master (GM) Susanto Megaranto (kanan) beraksi dalam pertandingan ekshibisi pada pembukaan Kejuaraan Catur Internasional Piala KASAD 2021 jelang berlangsungnya turnamen di Markas Besar TNI AD, di Jakarta, Minggu (28/11/2021). ANTARA/Arindra Meodia/aa.

Jakarta (ANTARA) - Grand Master (GM) Susanto Megaranto akan mengikuti uji coba atau try out persiapan SEA Games di Barcelona, Spanyol, awal bulan depan.

Susanto mengatakan try out yang akan dilaksanakan pada 11 Desember itu merupakan ajang persiapan menjelang SEA Games, yang akan berlangsung di Vietnam pada Mei 2022.

"Pemanasan lah. Mungkin ada 16 pemain pelatnas yang ikut ke sana, jadi memang sudah siap karena sudah ada datang pelatih," ujar Susanto ditemui di sela Kejuaraan Catur Internasional Piala KASAD 2021 di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Kejuaraan catur Piala KASAD 2021 digelar, pertemukan para grand master

Menurut Susanto, program pemusatan pelatihan nasional (pelatnas) untuk SEA Games telah dimulai sejak awal 2020, bahkan sebelum pesta olahraga untuk wilayah Asia Tenggara itu diumumkan ditunda karena pandemi COVID-19.

Pelatnas SEA Games, menurut pecatur berusia 33 tahun itu, hingga saat ini masih berjalan.

Susanto mengikuti Piala Dunia Catur 2021 di Shoci, Rusia, pada Juli lalu. Namun, dia harus menghentikan pertandingan pada putaran kedua setelah dinyatakan positif COVID-19.

Sementara itu, saat ditanya soal bibit baru di dunia percaturan Indonesia, Susanto mengatakan bahwa saat ini banyak bibit baru yang bermunculan.

"Sekarang beda dengan zaman saya waktu itu, sekarang sudah banyak yang sangat bagus, sudah semakin baik, karena anak umur tujuh tahun udah suka catur," kata Susanto.

Baca juga: Festival Catur Pelajar 2021 mendapat penghargaan dari Muri

"Catur Indonesia sudah bagus, tinggal bagaimana dari diri sendiri pemainnya ke depannya mau makin bagus lagi atau enggak."

Susanto menambahkan hadirnya turnamen dan kompetisi catur juga menjadi kunci untuk mengembangkan talenta muda di bidang catur. Kejuaraan Catur Internasional Piala KASAD 2021, misalnya, juga mempertandingkan kategori junior 14 tahun dan junior 14-19 tahun.

"Itu juga ajang pembuktian buat mereka," kata Susanto.

TNI Angkatan Darat bekerjasama dengan Pengurus Besar Persaturan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggelar Kejuaraan Catur Internasional Piala KASAD Tahun 2021, Minggu, dengan tujuh kategori yang dipertandingkan, termasuk kelas internasional yang mempertemukan tiga Grand Master pria, salah satunya Susanto.

Baca juga: Pecatur muda Murung Raya wakili Indonesia dalam Asean Youth 2022 
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021