Menko PKM bagi sembako di kampung padat penduduk Kota Jambi

Menko PKM bagi sembako di kampung padat penduduk Kota Jambi

Menko PMK, Muhadjir Effendy saat membagikan paket sembako di kampung padat penduduk dan kumuh di Kota Jambi.(ANTARA/Nanang Mairiadi)

Jambi (ANTARA) - Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Jambi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyempatkan diri untuk mengunjungi perkampungan padat penduduk dan kumuh di Kota Jambi dengan sekaligus membagikan paket sembako kepada warga.

Didampingi Gubernur Jambi, Al Haris dan Wawako Jambi Maulana, Menko PMK Muhadjir Effendy di RT 35, Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, Sabtu, terlihat langsung menyapa dan berdialog dengan sejumlah warga Danau Sipin, Legok, sambil membagikan masker dan paket sambako.

Pada salah satu ibu warga Danau Sipin, Menko PMK, Muhadjir sempat bertanya apa pekerjaan suami dan berapa orang anaknya saat ini dengan kondisi rumah panggung yang ukuran kecil tersebut.

Ibu tersebut mengatakan suaminya buruh harian lepas di pasar Angso Duo sebagai pengupas kulit bawang merah dan mereka memiliki enam orang anak yang masih kecil.

Baca juga: Menko PMK ajak umat Kristiani waspadai COVID-19 jelang Natal

Baca juga: Pengamat: GNRM membangun semangat gotong royong


Melihat kondisi rumah ibu tersebut, Menteri Muhadjir memberikan langsung dua paket sembako kepada sang ibu dan juga memberikan masker untuk anak anaknya yang masih kecil atau balita.

Kemudian menteri juga berkeliling melihat rumah warga yang ada di RT 35, Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi yang juga menjadi kampung dengan tingkat peredaran narkoba yang tinggi di Jambi.

Menko PMK Muhadjir Effendy juga sempat berdialog dengan warga yang berjualan jajanan anak anak dan membayarnya untuk dibagikan kepada anak yang ada secara gratis dan kemudian juga ada seorang ibu yang mengeluh dan menyampaikan permasalahan tanahnya kepada Menteri.

Usai berkeliling di kampung padat dan kumuh tersebut sambil memberikan sembako, Muhadjir kepada media mengatakan sudah tugas dirinya sebagai Menteri PMK untuk melihat dan mengedarkan langsung ke masyarakat bawah dan melihat langsung sumber daya manusia.

"Kunjungan kerja saya ke Jambi sudah dengan tugas saya sebagai Menko PMK untuk melakukan koordinasi sinkronisasi dan pengendalian program-program pembangunan Sumber Daya Menusia di daerah daerah," kata Muhadjir Effendy.

Di masa pandemi COVID-19 ini, pembangunan SDM juga harus dipantau selain untuk mengkoordinasikan permasalahan penanganan COVID-19 diseluruh daerah atau provinsi di Indonesia.

"Saya akan membantu menyelesaikan permasalahan di daerah khususnya terkait penanganan COVID-19 yang memang berkaitan dengan pembangunan SDM dan mudah mudahan tidak ada permasalahan yang berat di Jambi," kata Menko PMK Muhadjir Effendy.

Menko PMK bersama Gubernur dan Wawako Jambi membagikan sebanyak 50 paket sembako langsung kepada warga Legok, Kota Jambi.*

Baca juga: Polri: Penyekatan Natal-tahun baru disesuaikan kebijakan pemerintah

Baca juga: Penerapan PPKM level 3 saat Natal dan Tahun Baru disertai wajib vaksin
Pewarta : Nanang Mairiadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021