Mendikbudristek perbesar cakupan program unggulan tahun depan

Mendikbudristek perbesar cakupan program unggulan tahun depan

Tangkapan layar Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam sebuah acara di televisi nasional, dipantau dari Jakarta, Jumat (26/11/2021) (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan terus melanjutkan kebijakan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia di Indonesia terutama di pendidikan dengan memperbesar skala program-program seperti Sekolah Penggerak dan Kampus Merdeka.

"Ke depannya kita tidak mungkin menyediakan sesuatu yang regresif, kita pasti selalu adalah mendorong kemajuan. Semua hal-hal misalnya pembangunan dan distribusi dari pada platform-platform teknologi gratis bagi sekolah-sekolah itu pasti akan kita tingkatkan dan selalu kita sempurnakan," kata Nadiem ketika berbicara dalam acara di sebuah televisi nasional, dipantau dari Jakarta, Jumat.

Nadiem mengatakan ke depannya mendorong berbagai program-program baru seperti salah satunya mendorong semakin banyak para praktisi yang menjadi pengajar di kampus-kampus yang akan dimulai pada tahun depan.

Nadiem juga menegaskan Kemendikbudristek akan terus memperbesar skala dari Program Sekolah Penggerak, memperbanyak mahasiswa yang terlibat dalam Kampus Merdeka, memperbesar suplai kesempatan magang bersertifikat dan proyek studi independen dan cakupan Guru Penggerak.

"Jadi banyak sekali tahun depan ini diperbesar program-program yang tadinya masih baru mulai, kita temukan formulanya, sekarang kita perbesar di tahun depan. Scaling up jadi salah satu prioritas dari tahun depan," jelas Nadien.

Harapan Nadiem bahwa dengan langkah tersebut maka saat ini bisa dilihat di masa depan sebagai era di mana Indonesia melakukan inovasi terbesar di dalam sistem sumber daya manusia (SDM).

"Harapan besar saya sepuluh tahun ke depan orang akan melihat era ini sebagai suatu era di mana kita melakukan berbagai macam hal yang pasti menimbulkan berbagai macam ketidaknyamanan bagi yang harus berubah," demikian Nadiem.
Baca juga: Nadiem: Banyak program pada 2022 untuk tingkatkan kualitas para guru
Baca juga: Nadiem: Terima kasih atas ketangguhan para guru berikan pembelajaran
Baca juga: Nadiem : Dunia pendidikan membutuhkan pemimpin transformasional

 
Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021