Jakarta (ANTARA) - Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL dan US Special Operations Command Pacific (Socpac) menggelar latihan bersama "Cloud Millitary to Millitary Connection" (M2MC) 21.

Komandan Satkopaska Koarmada I Kolonel Laut (E) Berny Haryanto Hunsam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, menjelaskan latihan bersama itu merupakan wujud kebijakan luar negeri antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat dalam bidang kemiliteran.

Berny menjelaskan materi latihan meliputi "Classical (Classroom) Phase, Tactical (Iteration Training) Phase dan Field Training Exercise (FTX) Phase" dengan materi "Sniper And Anti Sniper", "Combat Markmanship" (Complexity Of Technique), "Closed Quarter Combat" (CQC), "Military Operations In Urban Terrain" ( MOUT), "Fighting In Built-Up Areas" (FIBUA)/"Operations In Built-Up Areas") OBUA, "Standart Procedure Infiltrate And Exfiltrate" (SPIE), "Mission Planing and Medical Training".

Baca juga: Puskopaska gelar apel latihan operasi kontra teror maritim

"Sasaran yang ingin diwujudkan, yakni tercapainya profesionalisme prajurit Kopaska TNI Angkatan Laut maupun US Socpac dalam hal teknik dan taktik operasi yang bersifat khusus sesuai fungsi di bidang 'Naval Special Warfare'," kata Berny.

Sementara itu, Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah dalam amanat tertulisnya menyampaikan selamat datang di Kolat Koarmada I kepada seluruh prajurit yang akan bergabung untuk melaksanakan latihan bersama, khususnya Delegasi US Embassy dan US Navy di Komando Latihan Koarmada I.

"Latma M2MC 21 antara Kopaska TNI-AL dan US Socpac merupakan salah satu bentuk pelaksanaan hubungan bilateral antara negara Indonesia dan Amerika Serikat dalam bidang pertahanan, khususnya untuk meningkatkan profesionalisme dan kerja sama pasukan khusus kedua negara dalam 'Naval Special Warfare'," jelas Arsyad.

Baca juga: Prajurit Taifib dan Kopaska latihan pembebasan sandera di Situbondo

Baca juga: TNI uji kesiapan Satgultor laksanakan operasi penanggulangan terorisme

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021