Jika ada SPBU swasta tidak mengikuti prosedur (SOP), kita bisa anggap itu salah karena tak taat aturan
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Rafli mengimbau seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina, khususnya yang dikelola swasta, mengikuti aturan atau SOP terkait fasilitas layanan umum yang disediakan untuk masyarakat.

"Jika ada SPBU swasta tidak mengikuti prosedur (SOP), kita bisa anggap itu salah karena tak taat aturan," ujar Rafli di Jakarta, Rabu menanggapi arahan Menteri BUMN Erick Thohir terkait fasilitas di SPBU, termasuk toilet gratis.

Seharusnya fasilitas layanan umum di SPBU seperti mushola dan toilet umum yang nyaman dan bersih, tambahnya, selain itu, karena sifatnya pelayanan kepada masyarakat tentu saja toilet digratiskan.

Terkait adanya SPBU yang menarik tarif pada toilet yang disediakan, menurut dia, hal itu bukan kesalahan Pertamina, karena BUMN tersebut sudah menerapkan aturan yang tegas soal pelayanan kepada masyarakat.

"Jadi kalau ada toilet di SPBU yang tidak gratis, itu bukan salah Pertamina. Tetapi karena pengusaha SPBU swasta tersebut yang tidak patuh aturan atau SOP terkait fasilitas layanan umum yang sudah dikeluarkan Pertamina," kata Rafli dalam keterangan tertulis.

Menurut Rafli, arahan Menteri BUMN Erick Thohir kepada Pertamina terkait pelayanan umum di SPBU harus menjadi pelajaran bagi seluruh pihak, sehingga ke depan tidak terdapat lagi kejadian serupa. Pengelola SPBU harus memberikan pelayanan terbaik dan maksimal bagi masyarakat.

"Keberadaan toilet dan mushala di dalam area SPBU harus respresentatif. Harus menciptakan kenyaman bagi penggunanya. Teguran dari Erick harus jadi trigger, agar ke depan bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, Pertamina juga harus memberikan pengawasan terhadap keberadaan SPBU-SPBU swasta agar bisa melayani masyarakat dengan baik.

Pertamina sebelumnya juga menyikapi positif arahan Menteri BUMN Erick Thohir terkait fasilitas di SPBU, termasuk toilet gratis.

Menurut Corsec Subholding Commercial And Trading Pertamina, Irto Ginting, Pertamina akan melakukan sosialisasi kepada para pemilik dan pengurus SPBU baik yang dimiliki penuh oleh Pertamina maupun yang bermitra dengan pihak swasta untuk menggratiskan penggunaan toilet di SPBU.

“Kami berterima kasih atas masukan Pak Menteri dan juga masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik. Toilet merupakan fasilitas yang disediakan untuk pengguna SPBU. Kami ingatkan kepada seluruh SPBU untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tidak hanya BBM, namun juga memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya,” katanya.

Baca juga: Erick Thohir minta seluruh toilet di semua SPBU Pertamina gratis
Baca juga: Indef sepakat instruksi Erick Thohir agar toilet SPBU Pertamina gratis
Baca juga: Pengamat dukung langkah Erick Thohir agar toilet SPBU Pertamina gratis

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021