Makassar (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, terus mendorong pemberdayaan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) lebih kreatif dan inovatif salah satunya melalui pameran ekonomi produk kreatif.

"Kemenparekraf saat ini telah melakukan berbagai strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi untuk mengoptimalkan produk ekonomi kreatif masyarakat," ujar Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno di sela kunjungan pameran ekonomi kreatif di Mal Pipo Makassar, Selasa.

Pameran ekonomi kreatif ini, kata dia, merupakan bentuk apresiasi Kreasi Indonesia 2021 yang diinisiasinya sebagai pengembangan ekonomi kreatif, melalui peningkatan kapasitas dan pameran terhadap pelaku ekonomi kreatif di daerah.

"Pameran ini kita laksanakan di 16 daerah di Indonesia, termasuk di Kota Makassar. Ini adalah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas, serta mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama," ujarnya.

Menurut dia, zaman ini bukalah gerakan individual sebagai pilihan untuk maju, melainkan harus bergerak bersama-sama agar bisa tumbuh dan berkembang pada era digital.

"Kita harus bergerak bersama, bukan lagi gerak cepat tapi harus bergerak bersama sama," tuturnya.

Entrepreneur muda di era kreatif sekarang, tambah dia, dituntut untuk menjadi konten kreator, menghasilkan konten orisinil yang dapat menarik perhatian para pelanggan.

"Apapun sektornya, agar berhasil harus mampu menghasilkan konten terbaik untuk produknya kepada publik,"  ujarnya.

Sementara Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyambut baik Kota Makassar ditunjuk Menparekraf sebagai salah satu tempat pameran dari 16 kota di Indonesia.

"Luar biasa sekali pak menteri, ini bisa membangun semangat serta dapat membantu kreatifitas ekonomi anak muda di Kota Makassar kita ini," katanya.


Baca juga: Menparekraf ajak UMKM manfaatkan stimulus BBI hingga Rp50 juta

Baca juga: Menparekraf: UMKM berpeluang besar bangkit kembali

Baca juga: Sandiaga ajak UMKM terus berkolaborasi percepat pemulihan ekonomi

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021