Jakarta (ANTARA) - Harga minyak goreng kemasan maupun curah di Jakarta Barat masih tinggi setelah sebelumnya sempat melambung pada Oktober lalu.

"Kemarin sempat Rp35.000, sekarang sudah Rp37.000 sampai Rp38.000 untuk harga minyak kemasan dua liter," kata salah satu pedagang sembako di Pasar Slipi, Syawal, saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Naiknya harga minyak goreng kemasan, menurut Syawal, sudah terasa sejak dua minggu terakhir. Tidak hanya minyak goreng kemasan, minyak goreng curah juga meningkatkan dalam beberapa hari terakhir.

Saat ini harga minyak goreng curah dijual dengan harga Rp21.000 per kilogramnya. Padahal, awalnya harga minyak curah hanya mencapai Rp12.000.

"Padahal dulu per kilogramnya itu Rp12.000 sampai Rp13.000 per kilogram," kata Syawal.

Baca juga: Warga diimbau belanja minyak goreng di Mini DC

Karena kondisi ini, Syawal cukup kesulitan menjual barang dagangannya. Biasanya, dia bisa menjual satu jerigen minyak dalam kurun waktu dua hari. Sekarang, Syawal bisa menjual satu jerigen minyak selama tiga hari.

Pihaknya juga kesulitan menjual minyak goreng kemasan. Semula, dirinya bisa menjual satu kotak minyak goreng kemasan dalam sehari. Sekarang butuh waktu dua sampai tiga hari untuk menghabiskan stok minyak goreng tersebut.

"Intinya makin sulit. Yang berkaitan dengan harga naik pasti penjualan sulit," kata dia.

Syawal belum bisa memastikan apa penyebab tingginya harga minyak. Dia hanya berharap pemerintah bisa mengendalikan harga minyak goreng agar pembeli bertambah dan perputaran uang di pasar kembali normal.

Baca juga: Pedagang harapkan harga minyak goreng segera turun

Sebelumnya, Kepala Pasar Slipi Jakarta Barat Ahmad Subhan mengimbau warga dan para pedagang untuk membeli minyak goreng di Mini Distribution Center (DC) karena lebih murah dibandingkan harga pasaran.

"Kalau Mini DC yang ada di Pasar Slipi, pedagang bisa pesan langsung ke petugas Mini DC," kata Ahmad Subhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (27/10).

Solusi itu ditawarkan Subhan mengingat harga minyak goreng saat ini sedang melambung tinggi.

Di Mini DC yang tersedia di Pasar Slipi Jakarta Barat, harga minyak goreng satu liter dijual seharga Rp15.500. Sedangkan untuk harga minyak goreng kemasan seberat dua liter dijual dengan harga Rp30.500.

Subhan berharap Mini DC bisa jadi solusi bagi warga untuk menstabilkan harga.
Baca juga: Pedagang sembako keluhkan harga minyak goreng naik

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021