Para pengguna KRL di Stasiun Bekasi dengan tertib mengikuti arahan petugas di lapangan
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan bahwa pada hari kedua pengoperasian bangunan baru sisi selatan Stasiun Bekasi, Jawa Barat pada Senin berjalan lancar.

"Para pengguna KRL di Stasiun Bekasi dengan tertib mengikuti arahan petugas di lapangan," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Anne menjelaskan mulai Minggu (21/11), operasional kereta di Stasiun Bekasi dilayani di jalur 4, 5, 6, dan 7 sehubungan dengan tahapan revitalisasi Stasiun Bekasi.

Pengguna dari arah utara atau dari Jalan Perjuangan dapat keluar/masuk dengan memanfaatkan akses masuk sementara untuk selanjutnya menuju lantai 2 bangunan baru dan selanjutnya melakukan tap di gate elektronik.

Ia menyampaikan bagi pengguna dari arah selatan atau dari Jalan Ir. H. Juanda dapat langsung menuju lantai 2 bangunan baru stasiun untuk tap di gate elektronik.

Penyekatan di Stasiun Bekasi pagi ini dimulai dari zona pertama yang terletak di halaman stasiun depan eskalator menuju gedung baru, selanjutnya zona dua di depan lift, dan terakhir di zona tiga sebelum pengguna melakukan tap di gate elektronik.

Anne menjelaskan KAI Commuter mencatat hingga pukul 08.00 WIB pengguna di seluruh stasiun mencapai 129.965 orang atau berkurang 5 persen dibanding pekan lalu di waktu yang sama.

Adapun stasiun yang mengalami kenaikan antara lain Stasiun Citayam (9.502 pengguna, naik 2 persen), Stasiun Depok Baru (6.701, naik 3 persen), dan Stasiun Cikarang (3.354, naik 2 persen).

Sementara stasiun yang mengalami penurunan pengguna antara lain Stasiun Bogor (9.100, turun 1 persen) dan Stasiun Parungpanjang (5.114, turun 2 persen).

KAI Commuter mengajak seluruh pengguna untuk mempersiapkan perjalanannya dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Siapkan saldo Kartu Multi Trip (KMT), kartu uang elektronik bank, maupun tiket dengan kode QR melalui aplikasi untuk kemudahan naik KRL.

Pembatasan kapasitas pengguna KRL juga masih berlaku sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan nomor 97 tahun 2021. Calon pengguna KRL juga wajib menunjukkan sertifikat vaksin baik melalui aplikasi, sertifikat secara fisik, maupun digital kepada petugas.Petugas akan melakukan antrean penyekatan di stasiun bila kondisi di dalam KRL sudah sesuai kuota.

KAI Commuter mengoperasikan 1.001 perjalanan KRL per hari dimulai pukul 04.00-22.00 WIB dengan mayoritas perjalanan KRL beroperasi pada jam-jam sibuk.

Untuk menghindari potensi kepadatan di stasiun maupun KRL, pengguna KRL dapat melihat informasi jadwal perjalanan, posisi KRL, dan kepadatan di stasiun secara real time dengan aplikasi KRL Access.

Baca juga: Adhi Karya bidik proyek kereta "commuter line" di Filipina
Baca juga: Gojek dan PT KCI kembangkan solusi perjalanan terintegrasi
Baca juga: Adaptasi dan digitalisasi kunci utama KCI bertahan kala pandemi

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021