Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan anak usahanya yang tergabung dalam KAI Group berhasil mendapatkan 3 penghargaan dalam penganugerahan Standar Nasional Indonesia (SNI) Award 2021 yang digelar oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN).

"Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada KAI. Meski di masa pandemi, KAI akan terus menjaga standar mutu layanan perusahaan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah serta meningkatkannya melalui berbagai inovasi yang diciptakan," kata EVP Corporate Secretary KAI, Asdo Artriviyanto dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Asdo mengatakan, KAI berhasil meraih penghargaan karena telah menerapkan manajemen organisasi yang baik serta bertransformasi menyesuaikan perubahan melalui pengelolaan Sistem Manajemen ISO yang dikelola Unit Quality Assurance and Good Corporate Governance dan merupakan bagian dari penilaian SNI Award 2021.

Ia mengungkapkan, KAI yang termasuk ke dalam kategori Organisasi Besar Jasa telah memenuhi kriteria penilaian, seperti kepemimpinan, strategi, hubungan dengan pelanggan, manajemen sumber daya, operasional layanan, pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan, serta hasil kinerja baik keuangan maupun non keuangan.

Adapun ke-3 penghargaan tersebut yaitu:
1. Anugrah Perak Kategori Organisasi Besar Jasa: PT Kereta Api Indonesia (Persero)
2. Anugrah Perak Kategori Organisasi Besar Jasa: PT Kereta Commuter Indonesia
3. Anugrah Perunggu Kategori Organisasi Besar Jasa: Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Yasa Yogyakarta

Lanjut dia, untuk senantiasa menghasilkan jasa yang berkualitas, KAI telah mengaplikasikan standar mengacu pada SNI yang bermanfaat untuk pengembangan layanan dengan standardisasi yang dapat diseragamkan.

Dengan penerapan SNI ISO ini, KAI juga berhasil melakukan inovasi di berbagai bidang, mulai dari teknologi, sarana, prasarana, SDM, dan lainnya.

“Dengan penerapan SNI yang konsisten, diharapkan dapat meningkatkan sistem kinerja di perusahaan, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan para pelanggan,” ujarnya.

Penganugerahan SNI Award 2021 ini merupakan sebuah penghargaan tertinggi dari pemerintah Republik Indonesia berskala nasional bagi organisasi yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten.

Sementara itu, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kukuh S. Achmad memastikan kualitas penilaian SNI Award tetap terjaga dengan tim evaluator ahli walaupun dilakukan dengan metode evaluasi jarak jauh.

”Melalui SNI Award, diharapkan produsen, konsumen, dan masyarakat semakin menghargai aspek mutu dan memahami perlunya partisipasi secara aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI,” kata Kukuh.

Baca juga: KAI hadirkan dompet digital permudah transaksi pembayaran kereta api
Baca juga: KAI raih predikat Diamond dalam The 3rd ASEAN PR Excellence Awards
Baca juga: PT KAI tegaskan ikuti aturan pemerintah jelang penerapan PPKM Level 3

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021