Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) berakhir 147,21 poin atau 0,50 persen lebih tinggi dari posisi Kamis (18/11/2021) menjadi menetap di 29.745.87 poin
Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Jepang ditutup lebih tinggi pada Jumat, karena laporan bahwa kabinet Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan menyetujui rekor paket stimulus ekonomi hari ini mendukung sentimen pasar yang lebih luas.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) berakhir 147,21 poin atau 0,50 persen lebih tinggi dari posisi Kamis (18/11/2021) menjadi menetap di 29.745.87 poin.

Indeks Topix yang lebih luas dari semua saham papan utama di Bursa Efek Tokyo ditutup 9,01 poin atau 0,44 persen lebih tinggi menjadi 2.044,53 poin.

Dikutip dari Xinhua, volume perdagangan di papan utama turun menjadi 1.196,35 juta saham dari posisi Kamis (18/11/2021) sebanyak 1.220,40 juta saham.

Saham-saham Tokyo dibuka lebih tinggi tetapi bergerak tanpa arah yang jelas di pagi hari. Saham-saham bergerak naik hari ini, didukung oleh reaksi positif terhadap rekor paket stimulus 55,7 triliun yen (490 miliar dolar AS), kata para pialang.

Ukuran paket stimulus yang lebih besar dari perkiraan yang dilaporkan pada hari sebelumnya telah meningkatkan harapan akan dampaknya dalam merangsang konsumsi melalui kebijakan seperti memulai kembali "Go To Travel," program subsidi pemerintah untuk mempromosikan pariwisata lokal. Namun, keuntungan di pasar saham terbatas karena tidak adanya petunjuk perdagangan lebih lanjut, kata mereka.

"Stimulus disambut baik tetapi pasar menunggu pemerintah untuk menunjukkan arah masa depannya," kata Kazuo Kamitani, ahli strategi di Departemen Konten Investasi Nomura Securities Co., menambahkan bahwa paket yang dilaporkan lebih fokus pada langkah-langkah bantuan dari pandemi daripada pertumbuhan ekonomi itu sendiri.

Dia mengatakan bahwa pelaku pasar mengamati dengan cermat langkah-langkah positif spesifik dalam paket tersebut, terutama di bidang keamanan ekonomi termasuk mengamankan semikonduktor dan mempromosikan teknologi kuantum.

Menjelang penutupan, sektor pertambangan, perdagangan besar, dan instrumen presisi memimpin kenaikan. Saham-saham yang naik melebihi jumlah yang turun, 1.059 berbanding 1.025 di papan utama, sementara 99 saham berakhir tidak berubah.

Mengikuti Shohei Ohtani, pemain bisbol Jepang di liga utama AS, dinobatkan sebagai Most Valuable Player, sponsornya Asics, yang menyediakan barang untuk dua bintang Los Angeles Angels, naik 3,4 persen.

Mizuho Financial Group turun 1,9 persen setelah sebuah berita melaporkan bahwa presiden dan CEO grup Tatsufumi Sakai dan kepala Bank Mizuho Koji Fujiwara akan mundur untuk bertanggung jawab atas serangkaian kegagalan sistem.

Baca juga: Saham Asia tak ikuti reli ekuitas global gara-gara Alibaba tergelincir
Baca juga: IHSG ditutup menguat seiring surplus neraca pembayaran
Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah, lanjutkan kerugian sesi sebelumnya

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021