Satgas Pamtas RI-Malaysia bantu layanan posyandu di perbatasan Kalbar

Satgas Pamtas RI-Malaysia bantu layanan posyandu di perbatasan Kalbar

Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia, Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti bantu para nakes Puskesmas Temajuk dalam kegiatan bakti kesehatan posyandu di Dusun Sempadan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Pen Satgas Pamtas 643/Wns/am.

Pontianak (ANTARA) - Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Yonif  Mekanis 643/Wanara Sakti membantu para tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Temajuk dalam kegiatan bakti kesehatan pos pelayanan terpadu (posyandu) untuk memeratakan pelayanan kesehatan balita di Dusun Sempadan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

"Kesehatan balita menjadi kepedulian utama oleh pemerintah sehingga dibutuhkan perhatian khusus yang dilakukan dengan memelihara dan meningkatkan kesehatan ibu dan anak," kata Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol (Inf) Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulis di Makotis Entikong, Sanggau, Kabupaten Sambas, Jumat.

Ia mengatakan salah satu upaya yang dapat dilakukan pihaknya, yakni mendukung program pemerintah itu yakni dengan membantu Nakes Puskesmas perbatasan yang jumlahnya sangat terbatas itu.

"Kegiatan layanan posyandu ini dilaksanakan oleh Pos Pamtas Temajuk dipimpin langsung Danpos Letda (Inf) Baso beserta tiga orang anggota bersama Puskesmas Temajuk di seluruh dusun cakupannya," kata Hendro Wicaksono.

Di tempat terpisah, Danpos Temajuk Letda (Inf) Baso menambahkan posyandu memiliki peran penting dalam mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Dalam kegiatan posyandu di Puskesmas ini pihaknya telah menyiapkan vitamin dan suplemen penambah darah bagi sang ibu, kemudian imunisasi polio, BCG dan campak.

Sementara itu, Koordinator Puskesmas Temajuk, Sari mengatakan, kehadiran personel tim kesehatan TNI Pos Temajuk sangat membantu sekali dalam kegiatan posyandu ini. Diakuinya karena masih sangat terbatasnya tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Temajuk sehingga membutuhkan bantuan tenaga kesehatan Satgas Pamtas Yonif 643/Wns sangat menyentuh kebutuhan warga.

Pihaknya mengapresiasi hadirnya TNI yang turut mendukung dan membantu pelaksanaan kegiatan ini, dan mengucapkan terima kasih kepada satgas TNI yang telah mendukung pelayanan Posyandu Desa Temajuk.

Baca juga: Satgas Pamtas selenggarakan pengobatan gratis di perbatasan Kalbar

Baca juga: Personel Satgas Pamtas jadi tenaga pendidik di perbatasan RI-Malaysia

Baca juga: Satgas Pamtas dampingi Tim BNPP tinjau patok perbatasan RI-Malaysia

Baca juga: Satgas Pamtas gagalkan penyelundupan pakaian bekas Malaysia
Pewarta : Andilala
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021