Jakarta (ANTARA) - Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 tidak hanya menghadirkan berbagai kendaraan baru melainkan ada juga kendaraan bekas melalui booth OLX Autos.

Ditunjuk sebagai Official Partner Trade In GIIAS 2021, OLX Autos siap melayani para pengunjung yang ingin menjual kendaraan mereka dengan pelayanan inspeksi kendaraan yang diberikan secara gratis.

"Kita punya SOP yang ketat dan harus dijalankan, meski kita memiliki inspektor yang sudah berkompeten dan berpengalaman bukan berarti mereka bisa langsung asal menebak kondisi dari konsumen kita," ungkap Chief Operation Officer OLX Group Indonesia, Hendri Tadjuni dalam keterangan resminya dikutip Rabu.

Baca juga: OLX Autos optimistis permintaan kendaraaan bekas masih tinggi

Baca juga: OLX Autos sebut penjualan mobil bekas periode Lebaran didominasi MPV


Cara-cara lama yang hanya melihat dan langsung masuk penilaian itu juga sudah ditinggal oleh OLX Autos. "Proses ini yang kita junjung keakuratan dan kita minta kepada mereka supaya menerapkan SOP ini meskipun mereka berpengalaman, tapi mereka harus tetap memperhatikan dengan teliti kondisi mobil saat di inspeksi," ucap dia.

Setelah mereka melakukan inspeksi kendaraan, tim OLX Autos juga tidak memaksakan mereka untuk tetap menjualnya di sana, ketika mereka tidak mendapatkan harga yang tidak sesuai.

"Jadi itu yang mungkin kita berikan kepada konsumen bagaimana untuk menghargai mobil mereka dengan harga yang sangat wajar. Jadi, mereka tidak lagi menggunakan metode lama yakni mengecek kolong, atau mengetuk bodi, jadi melalui inspektor ini mereka sudah bebas dari rasa khawatir," kata dia.

Dia juga mengatakan bahwa, salah satu contoh yang gampang untuk mengecek mesin kendaraan itu masih baik itu dengan cara menahan gas pada posisi rpm 3.000 selama 15 sampai dengan 20 detik.

"Nanti dari situ kita bisa lihat itu mesin masih baik atau tidak, jika keluar asap putih itu mengidentifikasi bahwa kendaraan kurang sehat," kata dia.

Dalam kesempatan ini, dia juga mengatakan bahwa pasar kendaraan bekas masih memiliki potensi yang sangat besar. Terlebih dengan adanya kondisi pandemi yang membuat masyarakat lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi.

Terlebih, kondisi ekonomi yang sudah semakin membaik membuat pasar kendaraan menunjukkan hasil yang cukup positif hingga tahun depan. Hal itu, terlihat banyak permintaan kendaraan bekas.

"Permintaan mobil bekas ini masih cukup tinggi. Kalau kita lihat 3-4 bulan belakangan ini kami melihat pasar pulih lebih baik, terutama program pemerintah untuk menanggulangi COVID-19 ini juga sangat sukses," jelas dia.

Dengan begitu, OLX Autos meyakini bahwa tahun-tahun mendatang akan menjadi lebih baik pertumbuhan baik dari mobil bekas maupun kendaraan baru dan masing-masing memiliki pasar tersendiri.

"Jadi untuk tahun 2022, kami optimis akan tumbuh lebih pesat lagi," ucap dia.

Dalam kesempatan yang berbeda, Direktur Keuangan Adira Finance, I Dewa Made Susila menyatakan hal yang serupa bahwa tahun 2022 akan lebih baik dibandingkan dengan kondisi saat ini.

I Dewa Made Susila mengatakan bahwa pasar kendaraan bekas tidak bisa terganggu meski banyaknya kendaraan baru yang hadir saat ini seperti yang banyaknya kendaraan baru yang diluncurkan di GIIAS 2021.

"Segmen mobil bekas di kita itu, antara motor baru dan mobil baru itu memiliki harga 10 kali lipat. Jadi, ini yang menyebabkan akan selalu ada pasar untuk mobil bekas maupun motor beka karena jaraknya itu 10 kali lebih besar," ucap Made di Candi Borobudur beberapa waktu yang lalu.

Sedangkan menurut dia, perpanjangan masa PPnBM hingga akhir tahun membuat industri otomoitf. Jika memang perpanjangan tersebut hanya berakhir pada akhir tahun dan tidak dilanjutkan akan membuat masyarakat akan berfikir ulang membeli kendaraan baru.

"Kalau itu tidak dilanjutkan, bisa jadi harga mobil itu akan naik lagi. Nah isunya sekarang itu, apakah daya beli itu akan segesit pada saat ini nantinya?, karena pada akhirnya mobil itu kebutuhan bukan untuk gagah-gagahan," kata dia.

Dengan harga yang cukup terpaut jauh, bagi mereka yang menginginkan kendaraan untuk sebuah transportasi, kendaraan bekas menjadi solusi bagi mereka sebelum membeli kendaraan baru nantinya.

Baca juga: OLX Autos hadirkan layanan jual mobil bekas di GIIAS

Baca juga: OLX Autos berpartisipasi di GIIAS untuk dorong pemulihan ekonomi

Baca juga: CEO OLX Autos sambut pelanggan di #CARnavalCeria
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021