Virgil van Dijk sebut timnas Belanda layak lolos ke Piala Dunia 2022

Virgil van Dijk sebut timnas Belanda layak lolos ke Piala Dunia 2022

Timnas Belanda melakukan foto bersama sebelum pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia lawan Norwegia pada 17 November 2021. ANTARA/REUTERS/PASCAL ROSSIGNOL

Jakarta (ANTARA) - Kapten tim nasional (timnas) Belanda Virgil van Dijk mengatakan bahwa negaranya pantas lolos ke putaran Piala Dunia 2022 di Qatar.

Belanda, yang absen pada Piala Dunia 2018 di Rusia, akhirnya memastikan tiket ke Qatar setelah memuncaki Grup G dengan kemenangan 2-0 atas Norwegia di Rotterdam pada Rabu.

Tim Oranye tersebut unggul dua poin dari posisi runner-up yang ditempati Turki. Namun, Belanda membuang-buang kesempatan untuk lolos lebih awal saat bermain imbang 2-2 lawan Montenegro pada akhir pekan lalu.

Van Dijk sangat yakin bahwa Belanda lolos ke Piala Dunia tahun depan, meski sempat terhalang oleh Montenegro.

Baca juga: Belanda akhirnya lolos ke Qatar, Turki ikut fase playoff
Baca juga: Van Dijk perlu dirotasi, kata Milner

“Itu layak. Saya tidak berpikir kami membuang kesempatan, tidak ada sama sekali,” tegas Van Dijk usai pertandingan yang dikutip Reuters pada Rabu..

“Setelah Sabtu (lawan Montenegro), kami diminta untuk merespons dan kami melakukan pekerjaan yang sangat baik. Masih ada banyak ruang untuk perbaikan, tetapi itu semua tentang hasil.”

Van Dijk mengakui bahwa dia cukup tegang saat bermain melawan Norwgia, yang diperparah dengan tidak adanya penonton di Feyenoord Stadium karena pembatasan COVID-19 yang baru.

“Ini adalah pertandingan yang ingin Anda mainkan, ada banyak tekanan. Saya tidak dapat berbicara untuk semua orang, tetapi saya benar-benar menantikannya."

Baca juga: Klopp pastikan Van Dijk kembali dari tugas negara dalam keadaan bugar

“Tentu saja, Anda tidak benar-benar ingin berada dalam situasi seperti itu, tetapi begitulah adanya dan saya pikir kami menunjukkan karakter yang sebenarnya. Tidak mudah untuk bangkit kembali setelah Montenegro, tetapi kami berhasil,” tambahnya.

Van Dijk sendiri absen di Piala Eropa (Euro) tahun ini karena cedera lutut serius yang dialaminya awal musim lalu bersama Liverpool.

"Saya tidak sabar untuk memimpin grup ini dan menciptakan sesuatu yang indah. Perjalanan ke Piala Dunia masih panjang, tetapi kami pantas lolos."

Baca juga: Belanda buang keunggulan atas Montenegro, kepastian lolos tertunda
Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021