Meski kasus COVID-19 di Ibu Kota Provinsi Riau ini sekarang melandai dan terus menurun masyarakat diingatkan agar tetap disiplin dan tidak lengah, karena saat ini masih dalam pandemi COVID-19
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Provinsi Riau mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 menjelang perayaan Natal dan peringatan Tahun Baru (Nataru) 2022 di wilayahnya agar jumlahnya tidak meningkat dan meresahkan.

"Nanti Pemerintah Kota Pekanbaru akan menyesuaikan dengan kebijakan pusat. Kami pun belum mengeluarkan kebijakan khusus terkait penanganan dan pengendalian COVID-19," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan, berkaitan dengan penanganan COVID-19 pihaknya akan mengacu kepada kebijakan pusat. "Ini artinya ketentuan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 2 masih berlaku dan masih sama dengan yang kemarin," katanya.

Meski kasus COVID-19 di Ibu Kota Provinsi Riau ini sekarang melandai dan terus menurun, pihaknya tetap mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin dan tidak lengah, karena saat ini masih dalam pandemi COVID-19.

"Ayo kita tetap disiplin menerapkan prokes (protokol kesehatan) dalam kegiatan sehari-hari," katanya.

Wali Kota juga mewaspadai terjadinya gelombang penyebaran kasus COVID-19 yang lebih besar pada akhir tahun. Ia pun menyebut, adanya ratusan daerah di luar Jawa dan Bali kembali naik statusnya dari PPKM level 2 ke PPKM level 3 menyusul kurang disiplinnya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau tidak disikapi dengan bijak di daerah, ini akan menjadi gelombang yang mengkhawatirkan karena menghadapi Natal dan akhir tahun ini kita harus waspada. Mengendalikan dengan baik, prokes yang disiplin dan juga vaksinasi yang harus dicapai," demikian Firdaus MT.

Baca juga: Lansia di Pekanbaru didatangi ke rumah untuk vaksin COVID-19

Baca juga: Disdik Pekanbaru hentikan proses belajar dua sekolah langgar prokes

Baca juga: Panglima TNI tinjau vaksinasi 800 pelajar di Pekanbaru

Pewarta: Vera Lusiana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021