Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan kesiapan Indonesia menjadi ketua dan tuan rumah penyelenggaraan rangkaian Pertemuan ASEAN bidang transportasi pada tingkat menteri, pejabat tinggi, dan Kelompok Kerja ASEAN pada tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Menhub pada pertemuan Menteri Transportasi ASEAN/ASEAN Transport Ministers Meeting and Associated Meetings Tahun 2021, yang diselenggarakan secara daring, pada Jumat. 

“Pertemuan ini penting untuk pengembangan sektor transportasi di kawasan ASEAN, melalui kerangka kemitraan di sektor transportasi antara ASEAN dengan negara lain seperti Jepang, Korea Selatan, China, dan Amerika Serikat, dan sejumlah mitra dialog ASEAN lainnya,” kata Menhub Budi Karya dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Menhub Budi menyampaikan pernyataan bersama para Menteri yang dihasilkan dalam pertemuan tahun ini menjadi suatu dokumen yang penting, yang menjadi kerangka acuan kerja sama di bidang transportasi darat, laut, dan udara, di ASEAN.

Baca juga: Indonesia hadiri pertemuan Pokja Transportasi Laut ASEAN ke-40

"Diharapkan kondisi pandemi COVID-19 semakin membaik sehingga rangkaian pertemuan ASEAN bidang transportasi pada tahun 2022 dapat dilakukan secara tatap muka," ujar Menhub.

Adapun Pertemuan Tingkat Menteri Transportasi ASEAN menyepakati inisiatif bersama yang dihasilkan dari pertemuan pada tahun ini, terkait dengan kelanjutan kemitraan atau kerja sama di sektor transportasi, baik itu antar negara ASEAN, maupun dengan mitra wicara ASEAN yakni dengan Jepang, Korea Selatan, China, dan Amerika Serikat.

Pertemuan juga menyepakati inisiatif untuk upaya pemulihan COVID-19, peningkatan transformasi digital di ASEAN, penguatan pasar penerbangan tunggal ASEAN, peningkatan jaringan transportasi darat ASEAN dan fasilitasi transportasi barang lintas batas, pengintegrasian transportasi berkelanjutan, peningkatan konektivitas dan integrasi transportasi laut, dan peningkatan kerja sama transportasi dengan sejumlah mitra dialog ASEAN.

Baca juga: Menhub dan menteri ASEAN-China bahas penguatan transportasi logistik

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021