Makassar (ANTARA) - Duta Besar Kroasia untuk ASEAN, Nebojsa Koharovic, menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar terkait kota kembar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, di Makassar, Rabu, mengatakan, kunjungan kerja Koharovic di Makassar adalah bagian dari penjajakan kerja sama dalam berbagai bidang yang dikemas dalam kota kembar.

Baca juga: Bertemu Gubernur Bangkok, Dubes RI bahas kerja sama kota kembar

"Ini suatu kehormatan besar karena Dubes Kroasia meluangkan waktunya bertemu kami dan tertarik dengan Makassar. Hubungan bilateral antarnegara dan kota pintunya adalah kota kembar. Jika kota kembar sudah terbuka maka segala aspek sudah bisa dilakukan kerja sama," ujarnya.

Pomanto menyatakan, kerja sama kota kembar ini berupa pertukaran pelajar, pertukaran keahlian di bidang teknologi kendaraan bermotor listrik.

Baca juga: Kerja sama "sister city" akan kenalkan Ambon ke dunia internasional

"Di kroasia ini sangat menarik, namun kita akan fokus pada kerja sama twining city. Untuk kendaraan listriknya Kroasia menciptakan teknologi jauh lebih baik dari kendaraan listrik yang ada sekarang," sebutnya.

Tak hanya itu, nanti dia akan menggodok juga kerja sama terkait pengelolaan manajemen kepariwisataan.

Baca juga: Jembatan Bandung diresmikan di Braunschweig-Jerman

Sementara Koharovic menambahkan kunjungannya ke Kota Makassar karena melihat potensi besar kemajuan Makassar di masa yang akan datang. "Makassar memiliki potensi yang sangat luar biasa dan kami akan melakukan kerja sama lebih lanjut, membicarakan terkait prosesnya. Banyak sektor yang akan dikerjasamakan namun kita fokus kota kembar," ucapnya.

Ia pun berharap kerja sama itu bisa segera terealisasi agar perwujudan kota kembar bisa segera terwujud.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021