Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mendorong masyarakat Indonesia untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bangsa Indonesia harus menjawab tantangan perubahan zaman dengan penuh inovasi dan kreasi, hormati dan amalkan nilai-nilai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD NRI 1945,” kata Eddy, sapaan akrab Edward Omar, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Sebagai Inspektur Upacara Hari Pahlawan 2021 yang dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM, Eddy juga menyampaikan amanat Menteri Sosial yang mengatakan bahwa masyarakat Indonesia harus menggelorakan semangat gotong royong, serta persatuan dan kesatuan Indonesia. Perbedaan, ujar dia, justru semakin memperkaya dan memperkuat Indonesia.

Eddy menambahkan, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun ini, masyarakat Indonesia harus menjadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi.

Ia meyakini bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Hal tersebut disebabkan oleh sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis.

“Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah,” ujar dia.

Peringatan Hari Pahlawan ini juga sekaligus mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan dalam rangka membangun ingatan kolektif, untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

“Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apa pun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya,” kata Eddy.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2021 di Kemenkumham dilakukan secara hybrid, yaitu fisik dan virtual. Secara fisik, upacara diselenggarakan di Lapangan Upacara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM.
Baca juga: BPIP: Peringati Hari Pahlawan dengan semangat menggali nilai Pancasila
Baca juga: Ketua KPK: Pahlawan zaman "now" berani lawan korupsi

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021