Kediri (ANTARA) - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan pagelaran musik "Jazz Brantas" merupakan salah satu upaya membangkitkan industri kreatif di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

"Masa pandemi ini kita tidak boleh hanya menerima saja namun harus mencari cara untuk terus bangkit. Ya salah satunya Jazz Brantas #2 ini yang kita adakan secara virtual. Ini sebagai contoh bagaimana kita bisa melakukan pertunjukan musik di tengah pandemi," katanya di Kediri, Minggu (7/11).

Ia mengungkapkan Jazz Brantas #2 ini sebagai salah satu upaya untuk terus membangkitkan industri kreatif di Kota Kediri. Dari industri kreatif ini lah diharapkan ekonomi di Kota Kediri bisa terus digerakkan.

Selama pandemi sektor industri kreatif mengalami penurunan akibat ekonomi yang terkontraksi. Hal tersebut tidak boleh berlarut, sehingga industri kreatif harus terus tumbuh untuk mendorong ekonomi kreatif.

Baca juga: Cendana Singer bawakan lagu daerah dalam Jazz Brantas 2021

"Waktu beberapa bulan lalu Jazz Brantas ini menjadi diskusi yang sangat panjang apakah kita mengadakan Jazz Brantas lagi atau tidak. Tapi karena kita melihat tren kemarin cukup baik dan kita bisa bertahan di level 1 ini ya kita selenggarakan. Saya yakin dengan kegiatan seperti ini kita bisa memutar perekonomian dan industri kreatif ke depan bisa tetap hidup. Paling penting kita harus terus bisa menjaga di level 1," kata Mas Abu, sapaan akrabnya.

Ia juga berharap Jazz Brantas ini bisa menjadi kegiatan tahunan yang menarik banyak orang ke Kota Kediri. Apalagi akan ada tol dan bandara di Kediri, sehingga akses menuju Kota Kediri semakin lebih mudah.

"Adanya Jazz Brantas ini setidaknya kita bisa punya event yang keren yang nanti semua orang bisa duduk bersama di sini menikmati musik jazz. Semoga kita bisa terus mengadakan acara ini secara kontinu dan lebih asyik lagi, sehingga acara ini menjadi tonggak sejarah bagi Kota Kediri," kata dia.

Kegiatan Jazz Brantas itu digelar di Taman Brantas, Kota Kediri, Sabtu (6/11) malam. Acara diikuti beberapa musisi Indonesia, salah satunya Ardhito Pramono.

Ardhito Pramono membawakan beberapa karyanya yang populer. Di antaranya, Say Hello, Fine Today, 925, Sudah, I Just Couldn’t Save You Tonight, Superstar hingga Bitterlove. Tak hanya Ardhito Pramnono, Jazz Brantas #2 juga dimeriahkan musisi jazz internasional Kuba Skowronski, Mike Delfero, Alexsender, Olaf Keus, Nita Artsen, Cicilia, dan Michael Ananda.

Acara tersebut juga disiarkan lewat YoTube, karena masih pandemi COVID-19. Masyarakat yang tidak bisa datang langsung, bisa menonton acara tersebut lewat YouTube. (*)

Baca juga: Pemkot Kediri perbaiki tanggul sungai antisipasi banjir
Baca juga: Pemkot Kediri maksimalkan peran Forum Anak demi penuhi hak anak
Baca juga: Pemkot Kediri akan gelar Jazz Brantas

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021