Jakarta (ANTARA) - Kedudukan Napoli di puncak klasemen Liga Italia terancam setelah imbang 1-1 melawan Verona dalam laga pekan ke-12 di Stadion Diego Armando Maradona, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Napoli masih memuncaki klasemen dengan 32 poin, tetapi bisa saja terdepak bila AC Milan yang mengoleksi 31 poin memenangkan Derbi della Madonnina melawan Inter Milan dalam laga yang masih berlangsung saat warta ini disiarkan.

Verona unggul lebih dulu pada menit ke-13 melalui sontekan jarak dekat Giovanni Simeone yang memanfaatkan operan dari Antonin Barak.

Namun, Napoli hanya butuh waktu lima menit untuk membuat kedudukan imbang setelah Giovanni Di Lorenzo melepaskan tembakan kaki kanan yang menyudahi situasi bola mati.

Sejak itu Napoli terus menggempur pertahanan Verona dan nyaris berbalik memimpin tiga menit menjelang turun minum bila saja bola tembakan Victor Osimhen tak membentur tiang gawang.

Tiang gawang kembali menjadi musuh utama Napoli yang hampir saja membukukan kemenangan dramatis lewat eksekusi tendangan bebas Dries Mertens pada menit pertama injury time.

Baca juga: Udinese akhiri tren buruk saat bekuk Sassuolo

Verona seolah menghalalkan segala cara untuk mengawal skor 1-1 hingga bubaran, termasuk pelanggaran buruk Daniel Bessa yang membuatnya menerima kartu kuning kedua pada menit ke-88.

Pada menit kedua injury time, Nikola Kalinic bahkan menghalau bola tembakan jarak jauh Eljif Elmas dengan tangannya dan dia menjadi pemain Verona kedua yang menerima kartu kuning kedua dari wasit Giovanni Ayroldi.

Semua pengorbanan itu cukup untuk membuat Verona menjadi tim kedua yang bisa mendapatkan poin dari Napoli dalam Liga Italia musim ini setelah AS Roma tiga pekan lalu.

Sayang, tambahan satu angka hanya cukup membuat Verona naik ke urutan ke-10 dengan koleksi 16 poin setelah disalip Juventus (18) dan Bologna (18), demikian catatan laman Liga Italia.

Lazio gulung Salernitana

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Olimpico, tuan rumah Lazio menggulung Salernitana 3-0.

Baca juga: Roma telan kekalahan beruntun setelah tersungkur di markas Venezia

Ciro Immobile mencetak gol kesepuluh musim ini untuk membuka keunggulan Lazio pada menit ke-31 yang segera digandakan oleh Pedro Rodriguez hanya lima menit berselang.

Kemenangan Lazio dilengkapi oleh Luis Alberto yang mencetak gol ketiga mereka pada menit ke-69 usai memanfaatkan umpan Felipe Anderson.

Lazio menanjak ke posisi kelima klasemen dengan bekal 21 poin, sedangkan Salernitana tertahan dalam zona degradasi dengan menempati urutan ke-19 bersama tujuh poin yang dikumpulkannya.

Selepas jeda internasional dua pekan ke depan, Lazio akan tampil paling awal menjamu Juventus di Olimpico pada 20 November.

Sehari kemudian Salernitana akan menjamu Sampdoria di Arechi dan Napoli menyambangi Giuseppe Meazza guna menantang juara bertahan Inter Milan.

Pada 22 November Verona bakal berusaha melanjutkan tren positifnya saat menyambut kedatangan Empoli di Marc'Antonio Bentegodi.

Baca juga: Genoa tunjuk Andriy Shevchenko sebagai pelatih baru

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021