Jenderal Douglas MacArthur adalah seorang jenderal bintang lima....
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengunjungi Tugu MacArthur di Gunung Ifar Papua dengan menggunakan kemeja batik dan didampingi Wury Estu Handayani, Sabtu pagi waktu setempat.

Dalam keterangan dari Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Wapres (Setwapres), Wapres mengunjungi Tugu MacArthur sebelum kembali ke Jakarta usai membuka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (5/11) malam.

Wapres mendapat panduan dari Pendeta Abihud mengenai sejarah Tugu MacArthur yang berada di dalam Markas TNI Resimen Induk Kodam (Rindam) XVII Cenderawasih Papua.

Abihud menjelaskan bahwa Tugu MacArthur didirikan oleh pasukan sekutu di bawah komando Jenderal MacArthur saat perang melawan fasisme Jepang pada Perang Dunia II.

"Jenderal Douglas MacArthur adalah seorang jenderal bintang lima yang meninggal dunia pada tanggal 5 April 1964 dalam usia 84 tahun," kata Abihud.

Usai mendapat penjelasan tentang sejarah Tugu MacArthur, Wapres beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan Danau Sentani dari Puncak Gunung Ifar.

Wapres menyempatkan menikmati pemandangan dari puncak gunung tersebut dengan menggunakan alat teropong.

Setelah menikmati panorama Sentani, Wapres menuju Bandar Udara Sentani di Kabupaten Jayapura untuk lepas landas kembali ke Jakarta.

Wapres dijadwalkan mendarat di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada hari Sabtu pukul 16.25 WIB.

Baca juga: Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebut atlet Peparnas Papua inspirasi bangsa

Baca juga: Wapres buka Peparnas XVI di Stadion Mandala Jayapura


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021