Pemkot Kediri akan gelar Jazz Brantas

Pemkot Kediri akan gelar Jazz Brantas

Kegiatan Jazz Brantas yang akan dihadiri Musisi muda Indonesia Ardhito Pramono. Kegiatan itu akan digelar pada Sabtu (6/11/2021) dengan protokol kesehatan ketat dan virtual. ANTARA/HO-Kominfo Kota Kediri.

Kediri, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, akan menggelar kegiatan musik "Jazz Brantas" secara virtual karena masih pandemi COVID-19, sebagai salah satu dorongan agar roda perekonomian di daerah itu semakin berputar.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Jumat mengemukakan kegiatan ini sengaja digelar namun dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Jumlah penonton dibatasi dan masyarakat yang ingin menonton bisa melihatnya secara virtual.

"Ini acara tahunan Kota Kediri. Tahun lalu tidak, karena awal pandemi, sekarang ini kami kolaborasikan," katanya.

Baca juga: Dispar Lombok Barat gelar Festival Senggigi Jaz sambut WSBK Mandalika

Ia mengatakan, dalam kegiatan nantinya yang hadir langsung adalah tamu undangan saja. Syarat mereka boleh masuk, harus sudah ikut vaksinasi dua kali.

"Ini lebih ketat. Vaksinasi itu harus dua kali. Penontonnya itu kurang lebih 50 sampai 100 orang saja, jadi dibatasi," kata dia.

Pihaknya juga menambahkan kegiatan ini digelar dengan harapan mendorong industri kreatif untuk lebih berkembang lagi di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Salihara Jazz Buzz cari talenta baru untuk tampil di "Next Sound" 2022

"Ini sekaligus sosialisasi memutar ekonomi. Harapan saya Desember-Januari, ekonomi lebih bagus lagi. Kalau tidak dengan cara seperti itu, kayaknya agak susah. Ini juga membangkitkan industri kreatif, kan zamannya industri kreatif," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Kediri Zachrie Ahmad mengatakan kegiatan ini akan digelar pada Sabtu (6/11) di area Taman Brantas, Kota Kediri.

Acara dimulai sejak Sabtu siang, yang diisi beberapa band pembuka. Setelah malam, sekitar jam 19.00 WIB, baru akan diisi oleh penyanyi utama.

Ia juga menegaskan, protokol kesehatan digelar dengan ketat di acara ini. Tamu undangan adalah Forkopimda dan beberapa tamu lainnya.

Baca juga: Bayu Risa kolaborasi bareng Barry Likumahuwa di "No Longer"

"Untuk pelaksanaan prokesnya yang dilakukan offline, kami mengundang Forkopimda. Masuk ke lokasi, menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan bermasker," kata Zachrie Ahmad.

Pihaknya juga koordinasi dengan petugas terkait lainnya untuk kelancaran arus lalu lintas. Walaupun lokasi di bantaran Sungai Brantas, petugas keamanan juga menegaskan warga yang tidak masuk dalam tamu undangan tidak diizinkan masuk.

"Kami akan sterilkan dan dibatasi," tegas dia.

Jazz Brantas tersebut akan disiarkan langsung di kanal YouTube "Abdullah Abu Bakar". Ada beberapa musisi yang akan tampil di Jazz Brantas 2021.

Musisi muda Indonesia Ardhito Pramono akan mengisi gelaran Jazz Brantas. Ada pula bintang jazz internasional, seperti Kuba Skowronski, Mike Delfero, Alexsender, Olaf Keus, Nita Artsen, Cicilia, dan Michael Ananda. Selain itu seniman Kota Kediri juga akan tampil di Jazz Brantas.
Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021