Semarang (ANTARA) -
Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Tengah dan merupakan kader PDI Perjuangan tampak menghadiri Rapat Kerja Wilayah I Partai Amanat Nasional (PAN) Jateng, di Semarang, Kamis.

Saat menyampaikan sambutan, Ganjar mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan mendoakan acara Rakerwil I PAN Jawa Tengah bisa berjalan dengan lancar.

"Mudah-mudahan rakerwilnya lancar, bisa menciptakan keputusan penting karena hadirnya kita ditunggu oleh rakyat," katanya.

Baca juga: Ganjar minta disiplin prokes meski 19 daerah nol kasus COVID-19

Ganjar sempat bercerita terkait beratnya menangani pandemi COVID-19 di Jawa Tengah sehingga meminta beberapa masukan dari duta besar Republik Indonesia yang ada di tiga negara.

"Awal pandemi saya itu sempat belajar dengan duta besar di China, Vietnam, dan lainnya. Langkah apa yang sebaiknya diambil untuk mengatasi persoalan pandemi ini. Ternyata setelah saya pelajari pengetatan protokol kesehatan dan kekuatan anggaran sangat penting untuk mengatasi COVID-19," ujarnya.

Ganjar juga memberikan laporan kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan terkait kinerja anggota dewan provinsi dari Fraksi PAN sangat mendukung program pemerintah.

"Bang Zul, anggota dewan DPRD Provinsi dari Fraksi PAN selalu mendukung pemerintah, meskipun saat pilkada tidak didukung, tapi politik itu dinamis. Sangat cocok, mesti melompat, tidak cukup jika seperti ini," katanya.

Baca juga: Ganjar minta penutupan sekolah terkait klaster PTM sesuai prosedur

Kehadiran orang nomor satu di Jateng itu disambut baik oleh Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, dan mengibaratkan apabila sudah berhasil di Jawa Tengah, maka ada kemungkinan berhasil di tempat lain.

"Mas Ganjar ini sukses di Jawa Tengah. Kalau Jateng aja sukses, nanti bisa sukses juga ke mana-mana. Banyak kader PAN yang sebenarnya 'ngefans' dengan sosok Mas Ganjar, penggemarnya banyak," katanya.

Menurut Zulhas, PAN saat ini sudah menjadi partai politik yang rasional dan waras sehingga tidak heran jika di bawah kepemimpinan dirinya, PAN mendukung penuh pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Baca juga: Relawan "Ganjarist" Jatim yakin PDIP usung Ganjar capres 2024

"Narasi-narasi pascapilpres dua kali membuat kami semakin rasional. Saya juga sudah diskusi dengan pengurus semuanya tidak ada yang menolak untuk mendukung pemerintah. PAN yang sekarang tidak di kiri dan tidak di kanan. Kami waras memperkuat pemerintah," ujarnya.

Pihaknya siap mendukung Gubernur Ganjar Pranowo untuk menemukan solusi-solusi dari permasalahan yang ada di Jawa Tengah.

"Masalah-masalah yang disampaikan Mas Ganjar perlu kita bahas. Lagi pula Pak Prabowo dan Sandiaga Uno sudah masuk jadi menteri," katanya.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021