Komnas KIPI: Tingkatkan kekebalan tubuh cegah COVID-19 gelombang 3

Komnas KIPI: Tingkatkan kekebalan tubuh cegah COVID-19 gelombang 3

Hasil tangkapan layar Ketua Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas PP KIPI) Hinky Hindra Irawan Satari saat menjadi narasumber dalam webinar ANTARA Ngobrol Bareng episode “Daya Lindung dan Keamanan Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun”, dipantau dari Jakarta, Kamis (4/11/2021) (ANTARA/Tri Meilani Ameliya)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas PP KIPI) Hinky Hindra Irawan Satari mengatakan pencegahan terhadap gelombang ketiga COVID-19 oleh masyarakat Indonesia dapat dilakukan dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

“Dia (virus COVID-19) hidup di orang. Kalau orangnya kebal, virus tidak ada di tubuhnya, tidak bisa berkembang biak,” kata Hinky Hindra Irawan Satari saat menjadi narasumber dalam webinar ANTARA Ngobrol Bareng episode “Daya Lindung dan Keamanan Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun” di Jakarta, Kamis.

Dengan begitu, dalam dua bulan ke depan, lanjutnya, bila masyarakat berkomitmen menjaga kekebalan tubuhnya secara baik, grafik penularan virus COVID-19 pada Januari 2022 akan melandai.

“Kita pertahankan gaya (peningkatan kekebalan tubuh) ini,” imbau Hindra.

Baca juga: Ketua Komnas KIPI imbau orangtua tidak ragu beri anak vaksin Sinovac

Hindra pun memaparkan tujuh cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh, baik bagi masyarakat berusia dewasa maupun anak.

Di antaranya adalah mendorong kebiasaan hidup bersih dan sehat, melakukan vaksinasi COVID-19, mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang ataupun kaya mineral dan vitamin, serta meningkatkan kesehatan saluran cerna dengan menjaga kebersihan makanan.

Lalu, masyarakat diimbau pula untuk tidur yang cukup, mengurangi tingkat stres, dan tetap aktif dalam berolahraga, berjemur, ataupun berkegiatan di luar selama tidak berkerumun.

Baca juga: Komnas KIPI pastikan pelayanan aduan ditangani secara khusus

Terkait memilih dan mengonsumsi makanan yang sehat, Hindra juga membagikan beberapa tips kepada masyarakat, seperti rajin memakan buah dan sayur, minum air sebanyak 8 hingga 10 gelas per hari, menyediakan cemilan sehat, membatasi makanan olahan, dan mengupayakan memasak sendiri untuk menjamin kebersihan dan kesehatan makanan itu.

Ia juga mengimbau agar masyarakat menghindari kontak langsung dengan seseorang yang belum terjamin kekebalan tubuhnya terhadap virus COVID-19, termasuk dengan cara selalu memakai masker dan menjaga jarak di tengah kerumunan.

“Jadi, hindari kontak dengan orang lain, kecuali kita yakin mereka sudah kebal. Hindari mendekati orang yang tidak kita kenal situasi kekebalan COVID-nya,” saran Hinky Hindra Irawan Satari.

Baca juga: Kemenkes butuh tambahan 30 juta dosis Sinovac untuk vaksinasi anak

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua
Pewarta : Tri Meilani Ameliya
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021