Temanggung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, kembali mengajukan tambahan vaksin COVID-19 ke Kementerian Kesehatan sebanyak 220 ribu dosis untuk percepatan program vaksinasi.

"Kami tengah mengajukan permohonan sebanyak 220 ribu dosis vaksin ke Kementerian Kesehatan untuk mencapai 70 persen sasaran vaksinasi," kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq di Temanggung, Kamis.

Sebelumnya Pemkab Temanggung digelontor sebanyak 118 ribu vaksin COVID-19 sehingga capaian vaksinasi mencapai 50 persen lebih dan PPKM di Kabupaten Temanggung turun dari level III menjadi level II pada awal pekan ini.

Baca juga: Ketua Komnas KIPI imbau orangtua tidak ragu beri anak vaksin Sinovac

"Sekarang kami sedang berusaha untuk mencapai target vaksinasi sampai 70 persen, oleh karena itu kami mengajukan tambahan vaksin," katanya.

Ia menyampaikan kalau permintaan sejumlah vaksin tersebut dipenuhi, mudah-mudahan pada akhir tahun 2021 vaksinasi di Temanggung bisa mencapai 70 persen.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan capaian vaksinasi di Kabupaten Temanggung 60,28 persen.

Menurut dia ada peningkatan capaian vaksinasi dalam tiga minggu terakhir dari 30 persen menjadi 60 persen.

"Peningkatan capaian vaksinasi berkat kerja keras semua pihak, baik tenaga vaksinator, para pendukung, relawan, TNI, Polri dan masyarakat," katanya.

Ia menyampaikan untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) minimal 70 persen warga divaksin, sehingga pihaknya terus mengejar hal tersebut. 

Baca juga: Kedatangan vaksin tahap 113, pemerintah ingatkan prokes Nataru
Baca juga: Diabetes mendominasi komorbid pada pasien COVID-19 meninggal

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021