Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyebutkan, seluruh elemen bangsa harus berkolaborasi dan bersinergi untuk mempercepat pemulihan pandemi COVID-19.
 
Kasau mengatakan hal itu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dankodiklatau Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah pada Seminar Nasional yang bertema "Strategi Penanganan COVID-19 Guna Menjaga Keamanan Nasional", di Gedung Pramanasala Sekkau, Senin.
 
Melalui seminar ini, lanjut dia, dapat diketahui lebih dalam seberapa jauh keberhasilan penanganan COVID-19 di Tanah Air dan seberapa baik sinergi yang telah terjalin serta hal apa yang dapat diperbaiki agar mitigasi pandemi ini dapat dilaksanakan dengan semakin baik.
 
"Sehingga perlu penanganan pandemi ini yang harus direncanakan secara tepat dan terukur, serta dilaksanakan secara kolektif dan kolaboratif," kata Kasau.
 
Dankodiklatau Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah mengatakan bahwa Sekkau sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum Perwira TNI Angkatan Udara berupaya memberikan pemikiran dan kontribusi positif melalui penyelenggaraan kegiatan seminar nasional untuk mendapatkan hasil pemikiran dan gagasan yang strategis sesuai tema yang ditetapkan.

Baca juga: Kasau tinjau venue gantole di PON Papua
Baca juga: Kasau: Pengadaan Pesawat Hercules tingkatkan kemampuan TNI AU
Baca juga: Kasau gelar pertemuan bilateral dengan pejabat militer negara sahabat

 
"Untuk itu melalui seminar ini, diharapkan Pasis Sekkau A-110 memanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan wawasan yang luas dari materi yang dipaparkan oleh para nara sumber, sehingga dapat memberikan sumbangan pemikiran dan bahan pertimbangan kepada pimpinan dalam strategi penanganan COVID-19," kata Tatang.
 
Sementara itu, Komandan Sekkau Marsekal Pertama TNI Firman Wirayuda, menambahkan, melalui seminar ini dapat menjadi bahan masukan, saran atau hasil rumusan yang dapat menjelaskan formulasi yang tepat dalam menjamin sinergisitas antar lembaga negara.
 
Sehingga, lanjut dia, dapat secara kolektif menangani pandemi COVID-19 ini dengan semakin baik.
 
Selain itu, diharapkan adanya suatu konsep awal tentang bentuk sinergi guna mengantisipasi berbagai hal serupa yang mungkin terjadi di masa depan.

Seminar yang dilaksanakan selama satu hari ini, menghadirkan nara sumber yaitu Staf Khusus Menko Marves M Firman Hidayat yang memaparkan tentang "Keamanan Nasional dan Pandemi COVID-19", Dirkeskuathan Kemhan RI Marsekal Pertama TNI dr S Utomo memaparkan tentang "Penanganan COVID-19 Guna Menjaga Keamanan Nasional".

Ketua Umum PB IDI dr Daeng Mohammad Faqih memaparkan tentang "Bahaya dan Prediksi COVID-19 ke Depan", kemudian Sesditjen P2P Kemenkes RI DR Maxi Rondonuwu memaparkan tentang "Strategi Penanganan COVID-19 Guna Menjaga Keamanan Nasional", serta Deputi Bidang Sistem dan Energi BNPB Dr Raditya Jati memaparkan tentang "Peran Satgas Covid Sebagai Leading Sector Dalam Penanganan COVID-19".

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021