Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengharapkan generasi muda mampu mengubah persepsi dari lembaga legislatif menjadi lebih baik.
 
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan di Jakarta, Minggu, menyebutkan upaya mengubah persepsi lembaga legislatif agar menjadi lebih baik harus dilakukan dari dalam. Karena itu, perlu anggota lembaga legislatif yang memiliki kompetensi dan hati nurani.
 
"Perlu partisipasi aktif orang-orang muda yang memiliki kompetensi dan hati nurani untuk mempersiapkan diri masuk ke lembaga legislatif dalam rangka memperbaiki citra lembaga tersebut," kata dia.
 
Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat, menyampaikan saat menjadi narasumber dalam training legislative bertema "Membangun legislator muda yang berkualitas dan berintegritas," secara daring di Politeknik Kesehatan (Poltekkes), Kementerian Kesehatan, Bandung Jawa Barat.
 
Lestari mengakui persepsi publik terhadap partai politik dan lembaga legislatif saat ini masih di bawah titik nadir. Hal itu menjadi tugas bersama untuk terus berupaya meningkatkan citra lembaga legislatif lewat peningkatan realisasi tugas dan fungsi lembaga yang berisi para wakil rakyat itu.

Baca juga: MPR serap aspirasi netizen melalui Netizen Academy
Baca juga: HNW: Tokoh agama Islam turut berperan susun dasar dan ideologi negara
Baca juga: MPR RI: Perlu komitmen kuat jadikan Empat Pilar sebagai pegangan hidup

 
Menurut Rerie lembaga legislatif harus mampu menyerap berbagai aspirasi publik untuk kemudian berupaya untuk merealisasikannya lewat tugas dan fungsi yang diamanatkan konstitusi.
 
Untuk menyerap dan mendorong aspirasi masyarakat itu, menurut dia, DPR dan DPRD harus diisi dengan para wakil rakyat yang memiliki kompetensi dan hati nurani.
 
Rerie berharap generasi muda bisa memahami proses-proses legislatif dalam tata kelola bernegara, sejak dini agar lembaga legislatif di masa depan bisa diisi oleh para wakil rakyat yang memiliki kompetensi.
 
Berbagai upaya meningkatkan literasi para generasi muda terkait proses legislatif sangat diharapkan, sebagai upaya mengakselerasi perbaikan kinerja lembaga legislatif di masa datang.
 
Pada kesempatan itu Wakli Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa menjelaskan mengenai tugas dan fungsi dirinya sebagai anggota legislatif.
 
Dalam melaksanakan tugasnya sebagai wakil rakyat, Saan mengatakan reputasi adalah hal yang sangat berharga bagi para politisi. Karena di dalam reputasi itu, menurut dia juga terkandung integritas, faktor yang wajib dimiliki sebagai legislator.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021