Rotary Club Batu beri pelatihan tingkatkan pemberdayaan perempuan

Rotary Club Batu beri pelatihan tingkatkan pemberdayaan perempuan

Wali Kota Batu sekaligus Honorary Member Rotary Club of Batu, Dewanti Rumpoko (kanan), pada saat memberikan pengarahan pada program pelatihan untuk perempuan di Desa Giripurno, Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (30/10/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Batu)

Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Rotary Club Batu memberikan pelatihan kepada kelompok perempuan di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, dalam upaya meningkatkan pemberdayaan perempuan di wilayah tersebut.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu, mengatakan bahwa pemberian pelatihan bagi kelompok perempuan di Desa Giripurno tersebut, diharapkan bisa memberikan manfaat dan meningkatkan pemberdayaan perempuan.

"Memberdayakan perempuan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekecil apapun ilmu yang diberikan, manfaatnya luar biasa," kata Dewanti yang juga merupakan Honorary Member Rotary Club Batu.

Baca juga: Sembilan ABK MV Voyager dilaporkan tertahan di Guam

Dewanti menjelaskan pelatihan .yang diberikan kepada kelompok perempuan di Desa Giripurno tersebut, adalah pengelolaan sampah dapur atau rumah tangga, yang difermentasi untuk mendapatkan cairan yang bermanfaat, atau biasa dikenal sebagai eco enzim.

Menurutnya, hasil dari eco enzim tersebut, bisa dimanfaatkan sebagai pupuk cair untuk tanaman organik, campuran deterjen, pembersih lantai, pembersih sisa pestisida, pembersih kerak dan bahan yang dipergunakan untuk spa.

Dalam kesempatan itu, Presiden Rotary Club Batu, Mieke menambahkan dengan adanya upaya untuk memberdayakan perempuan, diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup, dan keterampilan perempuan, khususnya di Desa Giripurno.

Baca juga: Vaksinasi dosis pertama di Kota Batu Jawa Timur capai 90 persen

"Kami berharap kegiatan ini bisa meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan ekonomi lokal," ujarnya.

Ia menambahkan eco enzim yang diolah kali ini, dipergunakan untuk membuat sabun yang diharapkan bisa menjadi peluang ekonomi lokal. Selain membuat sabun dari eco enzim, Rotary Club Batu juga memberikan pelatihan untuk pemanfaatan limbah botol.

Baca juga: Tim "DOKAR" UB kenalkan agroforestry kombinasi pada petani Kota Batu

"Selain itu pembekalan untuk membuat masker dari kain perca, yang dijahit dengan tangan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan sebanyak 1.000 bibit pohon secara simbolis, dan 3.250 bibit ikan, kepada kelompok masyarakat yang memanfaatkan aliran Sungai Giripurno, Kota Batu.

Baca juga: BPBD Malang belum terima laporan kerusakan akibat gempa

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021