UI pelopori inovasi dan transformasi program digitalisasi kampus

UI pelopori inovasi dan transformasi program digitalisasi kampus

Peluncuran UI GOES DIGITAL. ANTARA/Humas UI.

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) memelopori inovasi dan transformasi dalam program digitalisasi kampus sebagai kontribusi nyata UI dalam menyiapkan sumber daya manusia Indonesia menyambut Revolusi Industri 4.0. dengan meluncurkan UI Goes Digital.

Peluncuran UI GOES DIGITAL bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda, sebagai kontribusi UI bagi negeri.

Wakil Rektor Bidang SDM UI, Prof. Ir. Dedi Priadi dalam keterangannya, Kamis, mengatakan aplikasi digital ini nantinya akan mengintegrasikan kegiatan akademik dan layanan pendukung akademik di UI.

"Aplikasi digital UI Pay, yakni aplikasi gerbang pembayaran milik Universitas Indonesia, berfungsi sebagai sarana penunjang bagi penyelenggaraan kampus digital," ujarnya.

Baca juga: Kemenpora jajaki kerja sama olahraga dan kepemudaan dengan UI

Baca juga: UI raih predikat informatif pada anugerah keterbukaan informasi publik


UI Pay telah dapat digunakan untuk melakukan pembayaran online di UI Store dan Unit Kerja Khusus Lembaga Psikologi Terapan UI.

UI Pay hadir untuk menjalankan transaksi nontunai di lingkungan UI dengan sistem keamanan terbaik yang dilengkapi pendeteksi penipuan dan kecurangan.

Selain itu UI juga memperkenalkan program UI Mobile yang merupakan identitas atau tanda pengenal digital mahasiswa dalam bentuk KTM elektronik (e-KTM), yang dapat dipergunakan untuk berbagai aktivitas akademik maupun non-akademik, misalnya sebagai kartu akses untuk masuk ke perpustakaan dan melakukan peminjaman buku.

UI mengembangkan aplikasi ini dengan tujuan memudahkan sivitas akademika UI dalam mendapatkan informasi dan layanan di kampus. Melalui aplikasi yang dapat diunduh di ui.id/uimobile ini, mahasiswa UI, dapat memperoleh informasi seputar kampus, informasi akademis mahasiswa, dan sebagainya.

"Dalam aplikasi ini juga akan dikembangkan dompet elektronik, UI Cash yang dapat digunakan untuk transaksi retail di lingkungan kampus UI. UI Mobile ini merupakan milestone bagi UI dalam memulai digitalisasi kampus," katanya.

Aplikasi-aplikasi tersebut dikembangkan secara kolaboratif antara Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi UI bersama dengan Unit Kerja Khusus Usaha Komersial UI PT Makara Mas, anak perusahaan dari UI Corpora yang berada di bawah naungan Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha, serta bersinergi dengan Direktorat Keuangan UI.

Peluncuran UI GOES DIGITAL dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Universitas Indonesia Prof. Ir. Dedi Priadi, DEA, dan sambutan dari Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha Universitas Indonesia Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc, SpOrt(K).*

Baca juga: UI masuk "Top 15 Emerging Economies University Rankings"

Baca juga: UI kampanye edukasi sosial turunkan stunting di Manggarai Barat
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021