Perjalanan KRL terganggu karena evakuasi kecelakaan sepeda motor

Perjalanan KRL terganggu karena evakuasi kecelakaan sepeda motor

Petugas melakukan evakuasi sepeda motor yang berada di bawah Kereta Rel Listrik (KRL) jurusan Palmerah-Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (26/10/2021). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Jakarta (ANTARA) - Perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) terganggu karena proses evakuasi kecelakaan sepeda motor yang menerobos jalur rel dan tertabrak kereta di perlintasan kereta Jalan Tenaga Listrik, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa.

"Kami memohon maaf atas adanya kendala perjalanan KA 2051 relasi Parungpanjang-Tanah Abang di KM. 8+200 antara Palmerah-Tanah Abang yang terjadi sekitar pukul 11.30 WIB," kata Manager External Relations KAI Commuter Adli Hakim di Jakarta, Selasa.

Petugas gabungan dari KAI Commuter, kepolisian dan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat pun melakukan evakuasi rangka sepeda motor yang berada di bawah KRL. Akibatnya, KA 2051 belum dapat melanjutkan perjalanan.

Selain melakukan evakuasi rangka sepeda motor, petugas juga mendatangkan kereta penolong. Pada pukul 13.35 WIB, rangkaian KA 2051 ditarik kereta penolong ke Stasiun Tanah Abang.

"Seluruh pengguna KRL KA 2051 dievakuasi dengan mengalihkannya ke KA 2059," kata Adli.

Baca juga: Terobos perlintasan, pengendara motor tertabrak KRL

Untuk sementara, perjalanan KRL dari Palmerah menuju Tanah Abang atau sebaliknya diatur bergantian menggunakan satu jalur.

Sebelumnya, seorang pengendara motor tertabrak kereta KRL jurusan Palmerah--Tanah Abang usai nekat menerobos perlintasan kereta di Jalan Tenaga Listrik, Tanah Abang.

Kasat Lantas Jakarta Pusat Kompol Purwanta menjelaskan pengendara bernama Duladi lalai dalam mengemudikan kendaraan, padahal sinyal kereta api sudah berbunyi.

Kejadian pada pukul 11.45 WIB tersebut bermula ketika sepeda motor yang dikendarai Duladi berjalan dari arah timur ke arah barat di Jalan Tenaga Listrik, Tanah Abang.

Perlintasan kereta tersebut memang tidak memiliki palang pintu. Korban pun terus berjalan meskipun sinyal kereta sudah berbunyi.

Baca juga: Bocah 10 tahun tewas tertabrak KRL di Depok

Akibatnya, ia tertabrak KRL 2051 jurusan Palmerah-Tanah Abang yang berjalan dari arah selatan ke utara.

Namun demikian, korban selamat dalam kecelakaan tersebut. Sepeda motor milik korban bernomor polisi A-2452-XY mengalami kerusakan, terutama bagian bodi motor ringsek.

 
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021