Cegah banjir, Pemkab Tangerang normalisasi aliran sungai

Cegah banjir, Pemkab Tangerang normalisasi aliran sungai

Sejumlah pekerja melakukan pembangunan di situ di Kabupaten Tangerang. ANTARA/Azmi Samsul Maarif.

Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang Provinsi Banten segera melakukan normalisasi dan perbaikan aliran sungai di beberapa titik untuk mencegah terjadinya bencana banjir di daerah itu.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang, Slamet Budi di Tangerang, Senin, mengatakan aliran sungai yang sudah direkomendasi oleh pihaknya untuk dinormalisasi adalah Sungai Cirarab sebagai wilayah rawan banjir.

"Sungai Cirarab ini memang kewenangannya ada di pusat, sehingga kami akan mengajukan rekomendasi teknis untuk dilakukan kegiatan normalisasi," katanya.

Baca juga: Sungai tertimbun longsor, Perumahan Nerada Tangerang Selatan banjir

Disamping itu, lanjut dia, dalam mengantisipasi bencana banjir itu pihaknya juga telah bekerja sama dengan TNI melalui karya bhakti manunggal untuk melakukan normalisasi Sungai Cimanceri. Dimana di wilayah bantaran sungai tersebut juga sering terjadi banjir.

"Kami selalu koordinasi untuk melakukan penanganan banjir ini, salah satunya bekerja sama dengan TNI. Dengan begitu keluhan masyarakat terkait banjir bisa langsung ditangani," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang layani penggantian dokumen hilang akibat banjir

Ia menuturkan, selain melakukan normalisasi sungai, Pemkab Tangerang melalui DBMSDA
melakukan pembangunan irigasi guna mendukung kebutuhan ketersediaan air untuk lahan pertanian.

"Itu pun kita sudah laksanakan dalam pembangunan irigasi di beberapa titik, seperti di Kemiri dengan panjang 6 km sehingga di saat nanti masuk musim kemarau air tetap sampai di lahan persawahan warga sekitar," tuturnya.

Baca juga: Dinas LH Kota Tangerang kerahkan personel bersihkan lokasi banjir

Ia mengungkapkan, dalam hal ini pihaknya akan berkomitmen melakukan upaya-upaya pembangunan untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya bencana banjir serta membantu juga kebutuhan alir bagi para petani di Kabupaten Tangerang.

"Kami berharap dengan upaya-upaya itu bisa mengurangi dampak banjir dan bisa menyiapkan kebutuhan air baku untuk masyarakat," kata dia.

Baca juga: Dinkes Tangerang edukasi COVID-19 ke pengungsi banjir
Pewarta : Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021