Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang, mengatakan Presiden Joko Widodo akan kembali datang ke Kalimantan Utara pada November 2021.

“Bapak Presiden sudah menyampaikan langsung kepada saya saat berkunjung ke Kalimantan Utara, bahwa dia akan kembali lagi bulan depan,” kata Paliwang, di Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara, Kamis.

Ia bilang, jika tidak ada hambatan Jokowi kembali berkunjung ke Kalimantan Utara bulan depan untuk peletakan batu pertama pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional di Tanah Kuning dan Mangkupadi.

Baca juga: Presiden Jokowi targetkan rehabilitasi 600 ribu hektare hutan mangrove

Kunjungan itu nanti akan menjadi kunjungan yang kelima kalinya Jokowi di provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia. “Untuk kunjungan bulan depan itu, rencananya presiden bakal melakukan peletakan batu pertama pembangunan KIPI di Tanah Kuning dan Mangkupadi,” kata dia.

Sebelumnya Jokowi pada Selasa (19/10) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Utara.

Baca juga: Gubernur target amdal green energy selesai sebelum presiden datang

Selama di Kalimantan Utara dia menanam bibit pohon bakau di Desa Bebatu, Kabupaten Tana Tidung, bersama beberapa duta besar negara Uni Eropa dan World Bank.

Tidak hanya itu, Jokowi sempat meninjau program vaksinasi secara pintu ke pintu di Kelurahan Karang Rejo, serta vaksinasi bagi pelajar di SMP Negeri 1 Tarakan serta membagikan bantuan langsung tunai kepada warga di Kelurahan Sebengkok.

Baca juga: Presiden Jokowi tanam mangrove bersama para dubes di Tana Tidung

Terkait masalah kunjungan perwakilan beberapa duta besar dari negara Uni Eropa, Paliwang berharap kehadiran para perwakilan Kedubes dari Uni Eropa itu dapat membawa dampak positif, bagi pembangunan yang ada di Kalimantan Utara.

“Banyak hal yang bisa dikembangkan di Kalimantan Utara, di antaranya pembangunan ramah lingkungan, karbon, infrastruktur dan lainnya yang saya sampaikan, semoga semua itu menjadi daya tarik untuk para kedutaan besar negara sahabat berinvestasi di Kalimantan Utara,” kata dia.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021