Kemarin, survei CPCS sampai dukungan untuk Airlangga

Kemarin, survei CPCS sampai dukungan untuk Airlangga

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan dalam Tasyakuran HUT Ke-57 Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu (20/10/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (20/10), mulai dari rilis hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) tentang elektabilitas partai politik, tokoh-tokoh politik, dan persepsi publik terhadap kinerja pemerintah, sampai dorongan dari Golkar se-Jawa Timur untuk Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto maju calon presiden pada Pemilu 2024.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. Survei CPCS: Elektabilitas Ganjar ungguli Prabowo

Hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi pertama untuk tingkat keterpilihan (elektabilitas) tertinggi untuk Pemilihan Presiden 2024 mengungguli Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Prabowo Subianto, yang kerap unggul di posisi pertama, tergeser di urutan kedua dalam hasil survei CPCS yang diluncurkan di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

2. CPCS: 61,7 persen responden puas dengan kinerja Jokowi-Ma'ruf

Hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) yang disiarkan di Jakarta, Rabu, menunjukkan 61,7 persen dari total 1.200 responden mengaku puas terhadap kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Temuan itu, menurut Direktur CPCS Tri Okta, menunjukkan dukungan publik terhadap Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin yang pada Rabu memasuki tahun kedua.

Selengkapnya baca di sini.

3. Golkar se-Jatim dukung Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024

Sebanyak 38 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar se-Jawa Timur sepakat mendukung Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden 2024.

“Sebanyak 38 DPD se-Jatim sudah niat dan membulatkan tekad mendukung Pak Airlangga,” ujar Ketua DPD I Partai Golkar Jatim M Sarmuji di sela tasyakuran HUT Ke-57 Partai Golkar di Kantor Golkar Jatim di Surabaya, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Pengamat: PPP tebar jala cari calon untuk Pilpres 2024

Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (INDOSTRATEGIC) Ahmad Khoirul Umam mengatakan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) saat ini sedang menebar jala mencari calon untuk diusung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Target sasarannya adalah para Gubernur wilayah Jawa seperti Anies Baswedan, Ridwan Kamil, hingga Khofifah yang tidak terafiliasi dengan partai politik tertentu," kata Khoirul Umam melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021