BMKG: Waspadai potensi hujan sebabkan banjir di Sumut

BMKG: Waspadai potensi hujan sebabkan banjir di Sumut

Ilustrasi - Awan hitam menyelimuti Kota Medan, Sumut, Pihak BMKG Polonia Medan menyatakan, Kota Medan sudah memasuki musim hujan. ANTARA/Irsan Mulyadi/ed/pd/pri.

Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan agar waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di lereng barat, lereng timur, dan pegunungan di Sumatera Utara, pada Rabu (20/10), yang berpotensi menyebabkan banjir.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Martha R. Manurung, Rabu. di Medan..

Secara umum ia menyebutkan kondisi cuaca di Sumatera Utara pada siang hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di Kepulauan Nias, Langkat, Tapanuli Utara, Mandailing Natal, Simalungun, Humbang Hasundutan, Samosir, dan sekitarnya.

Pada sore-malam hari berpotensi hujan sedang hingga Lebat di Kepulauan Nias, Medan, Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, Mandailing Natal, Tapanuli Utara, Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Simalungun, Toba, dan Sekitarnya

Dini hari berawan, berpotensi hingga Hujan ringan di wilayah di Labura, Labuhanbatu, Labusel, Asahan, Batubara, Serdang Bedagai, Deli Serdang, Langkat, Batubara, Medan, dan sekitarnya.

Suhu udara 24.0-31.0 derajat Celcius, kelembapan udara 65-99 persen, angin berhembus dari barat laut-tenggara dengan kecepatan 10-30 km/jam, demikian Martha R. Manurung, 

Baca juga: BMKG peringatkan ada potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Sumut

Baca juga: BMKG sebut terpantau ada 31 titik panas di Sumatera Utara


Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini hujan lebat di pegunungan Sumut
Pewarta : Juraidi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021