Jakarta (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Sub Klaster Mimika mengapresiasi kehadiran “media center” yang pada saat perhelatan PON XX Papua berlangsung ikut ambil bagian melengkapi kisah sukses dari PON pertama di Bumi Cendrawasih itu.

Terletak di Hotel Grand Mozza Timika, media center itu diperuntukan mendukung awak media melakukan tugas peliputan hingga pembuatan berita selama PON XX diselenggarakan sehingga peran media center berperan penting.

Media Center merupakan bagian untuk menyukseskan. Kalau tidak ada Media Center kita kesulitan mendistribusikan informasi,” ujar Sekretaris PB PON Sub Klaster Mimika, Cessar Avianto Tunya seperti dikutip Senin.

Tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh wartawan nasional dan lokal, media center itu pun bisa dimanfaatkan oleh para pencari berita yang ikut dalam rombongan kontingen untuk bekerja.

Kehadiran media center di Mimika itu berasal dari kolaborasi apik pemerintah daerah setempat, PB PON, serta Kementerian Kominfo untuk memastikan distribusi informasi dari Negeri Mutiara Hitam ini berjalan dengan lancar dan baik.

“Sub PB PON Klaster Mimika menyambut baik termasuk mendampingi tim dari Kemkominfo yang datang melakukan survei, dan kami bersyukur Media Center bisa tersedia tepat waktu sehingga bisa menjawab kebutuhan para wartawan yang sudah bekerja meliput kegiatan mulai dari persiapan, penyelenggaraan hingga selesainya," ujar Cessar menceritakan kisah di balik hadirnya media center PON Papua di Mimika.

Selain membantu distribusi informasi positif dan menarik terkait penyelenggaraan PON Papua, kehadiran media center itu pun telah membantu Papua mendapatkan pemberitaan yang positif khususnya dari segi pembangunan dan masyarakat setempat.

Dengan kondisi itu Cessar menilai, fasilitas lengkap yang diberikan oleh Kementerian Kominfo kepada awak media sangatlah tepat sasaran dalam ajang PON Papua.

“Itu bentuk keseriusan dari Kemkominfo untuk membangun nilai kebangsaan karena Papua merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan peran Media Center sangat penting bisa informasikan semua kegiatan kita selama PON di sini dan menampilkan konten pembangunan yang ada di Klaster Mimika,” katanya.

Kementerian Kominfo pada saat PON XX Papua juga menyediakan dua lokasi media center lainnya di klaster- klaster tempat berlangsungnya ajang olahraga terbesar empat tahunan itu.

Untuk klaster Kabupaten Jayapura media center dihadirkan di Hotel Grand Allison Sentani, sementara untuk klaster Kabupaten Merauke media center terletak di Perpusda Merauke.

Seluruhnya beroperasi hingga perhelatan PON XX Papua selesai dan ditutup dengan meriah.

Baca juga: Foto lawas PON jadi daya tarik di media center Jayapura

Baca juga: Menengok ruang kerja peliput PON Papua Klaster Mimika

Baca juga: Mantan atlet harapkan PON sebagai persiapan "multievent" lebih tinggi


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021