IMI dukung dan siap sukseskan Formula E di Jakarta

IMI dukung dan siap sukseskan Formula E di Jakarta

Tangkapan layar dari media sosial Instagram Ketua MPR sekaligus Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo yang sedang memberikan komentar soal penunjukan Jakarta jadi tuan rumah Formula E. (Instagram Bambang Soesatyo)

Jakarta (ANTARA) - Ikatan Motor Indonesia (IMI) mendukung Jakarta menjadi tuan rumah balap mobil listrik Formula E dan menyatakan siap menyukseskan penyelenggaraannya pada 4 Juni 2022.

Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, mengatakan hal itu di Jakarta, Sabtu, usai mendapat kabar terbitnya keputusan FIA sebagai organisasi ikatan motor dunia yang menunjuk Indonesia, khususnya Jakarta sebagai tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada 4 Juni 2022.

Menurut Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, penunjukan Jakarta tersebut melengkapi agenda besar Indonesia dalam menggelar kejuaran balap sepeda motor dan mobil berkelas dunia,

Indonesia juga dipercaya menjadi menjadi tuan rumah World Super Bike Championship 19-21 November 2021, Mini GP pada Februari 2021, serta MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika di NTB pada 20 Maret 2022.

"Ini menjadi kebanggaan besar bagi Indonesia. Keluarga besar IMI siap mensukseskan perhelatan internasional pada kedua kejuaraan bergengsi tersebut," ujarnya.

Ketua MPR RI ini menjelaskan Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, turut menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. 

Baca juga: Provinsi Jakarta resmi jadi tuan rumah balap mobil listrik Formula E

Longo menyatakan, pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E. Bahkan, Longo juga menyatakan, mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO. 

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari trend mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," ucap Bamsoet.

Menurut dia, penyelenggaraan Formula E juga sejalan dengan langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan program Jakarta Langit Biru untuk penjaminan udara yang bersih bagi masyarakat.

"Memasuki balapan musim ke-8, Formula E akan hadir di kota-kota ikonik dunia, di antaranya Diriyah Saudi Arabia, Roma, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London dan Seoul. Jakarta E-Prix 2022, akan menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berturutan sepanjang tahun 2022," ucap Bamsoet.

Adapun keputusan penunjukan Jakarta sebagai tuan rumah Formula E, ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Baca juga: Riza: Alasan pilih Formula E pada Juni 2022 karena bertepatan HUT DKI
Baca juga: Formula E Jakarta 2022 tetap dijadwalkan
Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021