Korlantas Polri akan suplai tambahan kendaraan patroli pengawalan WSBK

Korlantas Polri akan suplai tambahan kendaraan patroli pengawalan WSBK

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono ketika memeriksa kendaraan patroli jalan raya pengamanan WSBK 2021 di Lapangan Bhara Daksa Mapolda NTB, Jumat (15/10/2021). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menyuplai tambahan kendaraan untuk patroli pengawalan dalam perhelatan World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November mendatang.

"Kendaraan yang diperbantukan, pekan depan sudah akan tiba. Itu roda empat ada 15 (unit), kemudian roda dua lima untuk mendukung sementara kegiatan dari tanggal 18 sampai 21," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Mataram, Jumat.

Kedatangan Kakorlantas Polri bersama rombongan ke Mataram ini sekaligus mengecek kesiapan Polda NTB terkait kondisi kendaraan pengawalan dan patroli gabungan, antara lain kendaraan roda dua jenis trail, motor gede, kendaraan lapis baja, mobil patroli, serta mobil angkut personel.

Baca juga: Kakorlantas beri atensi pengendalian arus kendaraan di WSBK 2021

Kemudian untuk tambahan unit kendaraan dari Mabes Polri, Istiono memastikannya agar penggunaan bisa maksimal dal hal pengamanan jalan raya.

Dukungan lainnya yang juga menjadi atensi Mabes Polri yakni terkait kesiapan personel. Khususnya dalam hal kemampuan di lapangan.

"Kita 'back-up' sepenuhnya (personel). Kita latihkan secara maksimal. Kemampuan personel akan kita tambahkan," ujarnya.

Dalam kunjungannya, Istiono juga menganalisa manajemen rekayasa lalu lintas WSBK. Catatan pentingnya terkait kepadatan arus lalu lintas menuju kawasan sirkuit yang berada di wilayah Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Dia menilai perencanaan dan pengorganisasian rekayasa lalu lintas saat ini sudah mumpuni. Maka dia menegaskan perihal penerapannya di lapangan saat kegiatan berlangsung.

"Persiapan maksimal dan detil. Mudahan sinergi dengan instansi terkait juga bisa maksimal," ucap dia.

Istiono bersama rombongan juga telah mengecek kondisi Sirkuit Mandalika. Khususnya, pada aspek perpindahan moda transportasi untuk penonton. Begitu juga dengan akses yang menghubungkan simpul parkir dengan gerbang masuk sirkuit.

"Kami sudah lihat lokasi parkir di sana pengaturannya seperti apa, penonton dan orang yang datang ke sana seperti apa. Semua yang disiapkan semua pihak sudah bagus. Tinggal penerapannya nanti," katanya.

Dalam manajemen rekayasa lalu lintas WSBK Mandalika, simpul parkir akan dibagi dua. Parkir Sentral Barat Nurul Bilad untuk kedatangan dari Jalan Raya Sengkol dan Jalan Raya Kuta dan Parkir Sentral Timur Sunggung untuk kedatangan dari Jalan Bypass Mandalika.

Parkir Barat Nurul Bilad menyediakan lahan parkir 1 dan parkir 2 yang terhubung transportasinya dengan gerbang masuk sirkuit yang berada di zona tengah melalui layanan shuttle bus. Parkir Barat ini dihubungkan shuttle bus rute line hijau dan biru. Sementara Parkir Timur menggunakan rute line oranye dan ungu.

Baca juga: Polda NTB studi banding ke Italia untuk perkuat pengamanan WSBK
Baca juga: Komisi V DPR akui progres sirkuit Mandalika luar biasa jelang WSBK
Pewarta : Dhimas Budi Pratama
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021