semoga menjadi inspirasi bagi anak-anak muda mahasiswa di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - BRI Peduli menetapkan 10 tim pemenang dari total 332 tim yang mengikuti program Creation Scholarship dan berhak mendapatkan berbagai reward atas usahanya.

“Selamat bagi 10 tim yang sudah melewati seleksi, semoga menjadi inspirasi bagi anak-anak muda mahasiswa di Indonesia,” kata Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunatro di Jakarta, Jumat.

Peserta program ini tersebar di lima kampus terbaik yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Universitas Brawijaya (UB).

BRI Peduli program Creation Scholarship membuka tiga kategori bagi para mahasiswa yaitu Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Technology Creation), Kewirausahaan (Entrepreneur Creation), dan Pengabdian Masyarakat (Social Creation).

Dalam tahap submission, sebanyak 99 tim mengikuti kategori Technology Creation, 133 tim daftar pada kategori Entrepreneur Creation, dan 100 tim lainnya untuk kategori Social Creation.

Setelah melewati tahap submission, 332 tim kembali diseleksi dalam fase Administration dan Content dengan 150 tim yang berhasil lolos yakni terdiri dari 56 tim kategori Technology Creation, 49 tim kategori Enterpreneur Creation, dan 45 tim kategori Social Creation.

Kemudian, 150 tim terpilih masuk tahap penjurian atau Review Program dengan terpilih 50 tim terbaik terdiri dari 27 tim kategori Technology Creation, 11 tim kategori Enterpreneur Creation, dan 12 tim kategori Social Creation.

Sebanyak 50 tim itu mengikuti Program Super Camp dengan peserta dikelompokkan berdasarkan tiga kategori dan mendapat pembekalan materi sesuai kategori yang diimplementasikan setiap tim guna mengikuti seleksi akhir.

Hingga pada akhirnya terpilih 10 tim pemenang dari seleksi akhir yang terbagi dalam empat tim pemenang kategori Technology Creation, tiga tim kategori Entrepreneur Creation, dan tiga tim pemenang kategori Social Creation.

Berikut daftar pemenangnya:

Kategori Technology Creation

1. GoodFarm (UB)
Judul proposal: Goodfarm; Aplikasi Layanan Pengangkutan dan Pengolahan Sisa Makanan Warteg dan Limbah Sayur Segar Swalayan Sebagai Pupuk Kompos dan Pakan Ternak

2. #Hyperscaling (UI)
Judul proposal: Fisiomotion: The First Tele-Physiotherapy Ai-Powered Application In Indonesia

3. Asa (UB)
Judul proposal: Auto-Biodegradable Plastik Dengan Insersi Bakteri Pencernaan Tenebrio Molitor Sebagai Solusi Pengurangan Limbah Popok Polyethylene Sekali Pakai Di Kota Malang

4. Sign Shine (UB)
Judul proposal: Sign Shine – Sarung Tangan Penerjemah Bahasa Isyarat Untuk Penyandang Disabilitas Tuna Wicara

Kategori Entrepreneur Creation

1. BurgerChill (Unpad)
Judul proposal: Burgerchill Business Proposal

2. Simakara (UI)
Judul proposal: SIMAKARA – Bimbingan Belajar

3. Ancala (UGM)
Judul proposal: New Wave Of Jamu

Kategori Social Creation

1. Swarga Bumi Mataram (UGM)
Judul proposal: Cita-Cita Keberlanjutan Sektor Agrikultur Dan Perekonomian Desa Madurejo

2. Rumah Harmonis (UGM)
Judul proposal: Rumah Harmonis - Inovasi Platform Curhat Dan Konseling Bagi Seluruh Masyarakat Indonesia

3. Jarambah Desa (IPB)
Judul proposal: Jarambah Desa

Selanjutnya, ke-10 tim terpilih akan mempresentasikan inovasi maupun ide-idenya dan bagi para pemenang akan mendapatkan apresiasi berupa publikasi dan media serta video profil program sekaligus bantuan beasiswa dalam bentuk dana inovasi, beasiswa kuliah dan uang saku.

Besarannya, antara lain dalam bentuk apresiasi untuk menjalankan inovasi program sebesar Rp30 juta per masing-masing tim serta juga diberikan beasiswa untuk menjalani kuliah di masing-masing universitas dengan maksimal nilai Rp8 juta per orang maksimal sampai semester sembilan

Selanjutnya, bantuan biaya hidup Rp500 ribu per orang sampai 42 bulan sekaligus BRI akan mengadakan Inagurasi Camp berupa pelatihan softskill dan pengukuhan pemenang dari keseluruhan program BRI Peduli - Creation Scholarship.

Baca juga: BRI ajak milenial investasi properti lewat KPR BRI Virtual Expo
Baca juga: BRI: Kolaborasi dengan fintech permudah pembayaran digital dan aman
Baca juga: BRI publikasikan logo HUT ke-126 hasil sayembara


Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021