Kapolres Mimika: Warga bantu pengamanan PON di Timika

Kapolres Mimika: Warga bantu pengamanan PON di Timika

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata. ANTARA/Evarianus Supar

Timika (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP IGG Era Adhinata menyebut penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di wilayah itu berlangsung aman, lancar, dan sukses karena tidak lepas dari peran serta dan dukungan seluruh warga setempat.

Sejak pertandingan PON XX di Mimika pada tanggal 23 September hingga berakhir pada hari Jumat (15/10), kata AKBP Era Adhinata di Timika, Jumat, nyaris tidak ada sedikit pun kericuhan selama berlangsungnya agenda olahraga empat tahunan itu.

Selaku Koordinator Bidang Pengamanan Sub-PB PON XX Klaster Mimika, Kapolres menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat setempat yang sudah ikut membantu menjaga keamanan selama perhelatan PON.

"Dengan keterbatasan jumlah personel pengamanan, kami tentu memberdayakan semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan di Kota Timika selama PON berlangsung," kata Kapolres.

Baca juga: Kekhawatiran atlet soal keamanan Papua terbantahkan di PON

Selama pelaksanaan PON XX, lanjut dia, Mimika menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertandingan sembilan cabang olahraga dengan 12 disiplin olahraga. Pengamanan di semua arena pertandingan maupun penginapan para atlet, ofisial, panitia pelaksana, dan tamu-tamu lainnya menjadi prioritas jajarannya.

Melihat antusiasme yang sangat tinggi dari warga Timika untuk menyaksikan langsung sejumlah pertandingan di arena PON XX, terutama pada sejumlah cabor favorit, seperti futsal dan basket, jajaran polres setempat dibantu oleh TNI dan Brimob Nusantara berupaya memperketat pengamanan di tiap pintu masuk stadion.

Kapolres minta maaf apabila saat pertandingan semifinal dan final futsal banyak orang tidak bisa masuk ke dalam stadion. Hal ini bukan hanya menegakkan protokol kesehatan, melainkan karena kapasitas stadion yang kecil sehingga tidak semua orang bisa masuk.

"Kalau terjadi sesuatu karena penonton berdesakan, lalu menimbulkan chaos (kaos), pasti akan jatuh banyak korban sebagaimana yang pernah terjadi di Nabire saat pertandingan tinju beberapa waktu lalu. Kami tidak mau seperti itu sehingga penonton yang masuk ke dalam stadion kami batasi," kata AKBP Era Adhinata.

Selain pertandingan futsal yang menjadi perhatian serius jajaran keamanan di Mimika, pertandingan cabor atletik nomor maraton putra dan putri serta nomor jalan cepat putra/putri yang berlangsung di Alun-Alun Kota Kuala Kencana juga menjadi perhatian penuh pihak keamanan.

"Khusus untuk pertandingan di Kuala Kencana yang merupakan area PT Freeport Indonesia semuanya sudah berlangsung aman dan lancar berkat bantuan dari semua pihak yang sedari awal sudah direncanakan dengan sangat baik," katanya.

Menurut Kapolres, jika ada penilaian dari para atlet, ofisial, dan tamu dari berbagai provinsi bahwa penyelenggaraan PON XX di Subklaster Kabupaten Mimika cukup bagus, hal itu merupakan sumbangsih dari seluruh masyarakat Mimika.

Baca juga: Pengamanan final sejumlah cabang olahraga PON Papua diperketat

"Masyarakat Mimika sudah mulai sadar untuk menjaga dan mengamankan kotanya. Tugas keamanan tidak terlalu berat jika semua komponen masyarakat ikut membantu. Hal seperti itu telah ditunjukkan masyarakat Mimika selama penyelenggaraan PON XX dari awal sampai akhir," ujar AKBP Era Adhinata.

Sebelumnya, Ketua Panwasrah PON XX Subklaster Kabupaten Mimika Mayjen TNI (Purn.) Gadang Pambudi memuji penyelenggaraan seluruh pertandingan cabang olahraga di Subklaster Kabupaten Mimika yang berlangsung lancar, aman, dan sukses tanpa meninggalkan masalah.

"Sampai menjelang penutupan PON XX hingga sekarang kami belum menerima laporan negatif atau komplain dari para atlet dan kontingen peserta PON," kata Gadang.

Pertandingan PON XX di Mimika dimulai dengan pertandingan terbang layang (pada tanggal 23 September 2021) hingga PON XX berakhir pada Kamis (14/10) malam, menurut dia, sangat minim catatan negatif yang diterima Panwasrah.

Catatan yang diberikan berdasarkan rekomendasi technical delegate (TD), langsung ditindaklanjuti oleh Sub-PB PON Klaster Mimika. Salah satunya yaitu venue aeromodeling sehingga saat jadwal pertandingan semuanya bisa terlaksana maksimal.

"Kami bangga karena venue yang disiapkan bagus-bagus, bertaraf internasional," ujarnya.
Pewarta : Evarianus Supar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021