Sleman (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka Hari Batik Nasional dan Hari Batik Sedunia bersinergi dengan perajin batik Sleman menyelenggarakan "Gebyar Batik Sleman 2021" di Gedung Dekranasda Sleman, Jumat sore.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan Peringatan Hari Batik Nasional Kabupaten Sleman ini menunjukkan bahwa Pemkab Sleman sangat serius untuk menjaga, menciptakan dan melestarikan produk dan karya-karya adiluhung bangsa ini.

"Saya berharap Peringatan Hari Batik Nasional 2021 ini dapat menjadi salah satu momentum untuk mendorong kebangkitan ekonomi di wilayah Kabupaten Sleman pada masa pandemi COVID-19 saat ini, khususnya bagi pelaku usaha industri batik di Sleman," katanya.

Ia mengimbau bagi para pelaku usaha industri batik di Kabupaten Sleman untuk terus berinovasi agar mampu menjangkau lebih banyak konsumen salah satunya melalui platform digital.

"Konsep inovatif dalam pengembangan industri batik di Kabupaten Sleman sangat diharapkan menjadi solusi di tengah pandemi ini yang nantinya diharapkan dapat mendorong produktivitas pelaku industri batik seperti dengan melakukan pemasaran melalui platform digital," katanya.

Ketua Dekranasda Sleman Sri Purnomo mengatakan kegiatan promosi dan pemasaran produk IKM Sleman beserta seluruh rangkaian kegiatan pembinaan IKM Sleman di Gebyar Batik Sleman 2021 bertujuan mendorong kebangkitan ekonomi di wilayah Kabupaten Sleman pada masa pandemi COVID-19 ini, khususnya bagi para pelaku usaha industri batik di Sleman.

"Gelar Karya Batik Sleman 2021 digelar sejak 15 Oktober sampai 31 Oktober 2021 di Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman menampilkan Batik Sleman terpilih, hasil karya 31 perajin batik Sleman yang selalu berusaha berkembang melalui kreativitas dan inovasi mereka, sehingga melengkapi motif batik khas Sleman Sinom Parijotho Salak," katanya.

Masyarakat dapat membawa pulang hasil karya para pembatik di Gelar Karya Batik Sleman 2021 maupun beberapa pembatik lainnya dengan diskon harga yang menarik melalui Sleman Batik Great Sale 2021.

Sleman Batik Great Sale yang dilaksanakan sejak 4 Oktober sampai 31 Desember 2021 menawarkan masyarakat untuk membawa pulang Batik Sleman langsung dari workshop / gerai perajin batik Sleman, Galeri Dekranasda Sleman, maupun Galeri Upakarti Sleman dengan diskon harga yang menarik sampai 35 persen.

Adapun perajin batik yang berpartisipasi pada Gerakan Sleman Batik Great Sale saat ini mencapai total 32 perajin Batik, baik kelompok maupun perorangan, dan diharapkan terus bertambah.

Adapunn rangkaian Acara Gebyar Batik Sleman 2021 terdiri dari, Kelas Menggambar Sketsa Fashion Dasar (Batik), Gerakan Sleman Batik Great Sale 2021, yang telah terselenggara sejak 4 Oktober 2021 sampai Jumat 31 Desember 2021, Gelar Karya Batik Sleman digelar sejak 15 Oktober 2021 sampai Jumat 31 Desember 2021.

Gebyar Batik Foto Kontes (15 Oktober 2021 samai 31 Desember 2021), Fashion Show hasil Kelas Menggambar Sketsa Fashion Dasar (Batik) dan Launching Dekranasda in Virtual (slemanexpo).

Baca juga: Sleman raih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kementerian PPPA
Baca juga: Produk UMKM Sleman resmi dipasarkan di toko berjejaring
Baca juga: Polisi amankan 83 operator pinjol ilegal di Sleman

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021