600 hektare lahan pertanian Babulu Kabupaten Penajam terendam banjir

600 hektare lahan pertanian Babulu Kabupaten Penajam terendam banjir

Banjir kiriman dari Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser rendam lahan pertanian di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (Antara/HO-dok.BPBD Kabupaten PPU)

Penajam (ANTARA) - Sedikitnya 600 hektare lahan pertanian di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terendam banjir kiriman dari Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser.

"Sekitar 600 hektare lahan pertanian di Kecamatan Babulu masih terendam air," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Marjani di Penajam, Kamis.

"Lahan pertanian yang terendam banjir itu milik petani di Desa Gunung Mulia dan Sumber Sari, Kecamatan Babulu," ujarnya.

Dengan kondisi tergenang banjir, tanaman di lahan pertanian tersebut terancam gagal panen jika debit air tidak segera surut.

Baca juga: 32 pengungsi banjir di Kabupaten PPU kembali ke rumah

Baca juga: Astra Agro bantu obat dan bahan makanan untuk korban banjir Paser-PPU


Diperkirakan para petani di dua desa itu bakal mengalami kerugian karena gagal panen akibat tanaman di lahan pertaniannya terendam banjir.

Selain lahan pertanian tanaman padi terdapat sekitar 50 hektare di antaranya lahan pertanian tanaman palawija terancam gagal panen.

"Lahan pertanian yang terendam banjir dengan tanaman produktif berupa tanaman padi dan palawija itu siap panen," ucap Marjani.

Tanaman palawija tersebut di antaranya tanaman buah semangka dan tanaman sayur mayur termasuk cabai.

Banjir yang terjadi di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser Senin (4/10), berdampak hingga ke wilayah Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Kiriman banjir dari daerah tetangga ke Desa Gunung Mulia dan Sumber Sari di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara terjadi Kamis (7/10)," kata Marjani.

Petani yang lahannya terendam banjir bakal diberikan bantuan berupa bibit tanaman sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.*

Baca juga: Wakil Bupati Penajam kunjungi warga korban banjir

Baca juga: Warga terdampak banjir Kabupaten PPU bertambah menjadi 1.545 jiwa
Pewarta : Novi Abdi/Bagus Purwa
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021